Jumat, 13 Mei 2022 13:04 WIB

Singgung Hepatitis Misterius, Dokter Jelaskan COVID-19 Bisa Picu Kelainan Hati

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff
Jakarta -

Penyebab hepatitis misterius pada anak-anak masih menjadi pertanyaan. Di samping adenovirus strain 41 sebagai terduga penyebab, muncul juga dugaan bahwa kasus hepatitis misterius ini berkaitan dengan infeksi COVID-19.

Komite ahli pengendalian hepatitis, diare, dan infeksi saluran pencernaan Kemenkes RI, Prof Dr dr Hanifah Oswari, SpA(K) menjelaskan, COVID-19 memang bisa menyebabkan kelainan hati. Namun pada dasarnya, infeksi virus memang bisa menimbulkan peningkatan SGOT dan SGPT layaknya dialami pasien hepatitis.

"COVID sendiri bisa menyebabkan kelainan hati dari peningkatan SGOT SGPT. Juga DBD juga bisa meningkatkan SGOT SGPT. Sebetulnya virus-virus hukumnya bisa meningkatkan SGOT SGPT tidak tinggi-tinggi betul tapi ada sebagian menjadi tinggi sekali," terangnya dalam webinar 'Kesehatan Infeksi Emerging: Hepatitis Akut Berat yang Belum Diketahui Penyebabnya', Kamis (12/5/2022).

"Ini yang menjadi pertanyaan, apakah ini betul2 hanya karena faktor virus adenovirus atau sebetulnya kombinasi dari berbagai faktor," sambung dr Hanifah.

Menghadapi kondisi tersebut, dr Hanifah menegaskan, penelitian terkait penyebab hepatitis misterius juga perlu berfokus pada aspek tingkat imunitas tubuh pasien, serta pengaruh lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut juga, spesialis mikrobiologi klinik konsultan Dr dr Budiman Bela, SpMK (K) dari Departemen Mikrobiologi FKUI RSCM menyebut potensi COVID-19 di balik kasus hepatitis misterius tak bisa dipungkiri. Pasalnya pada sejumlah kasus hepatitis misterius yang terkonfirmasi, ditemukan riwayat infeksi virus Corona.

"Dari kasus yang confirmed dan possible cases by adenovirus dan pectoral virus 2 ada yang memang hepatitis akut berat itu bermanivetasi tapi dengan adenovirusnya tidak dotemukan tapi COVID-nya positif. Jadi memang kemungkinan itu tidak bisa disingkirkan saat ini," terang dr Budiman.



Simak Video "WHO Selidiki Kemungkinan Covid-19 Berperan Atas Munculnya Hepatitis Akut"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)