Jumat, 13 Mei 2022 08:50 WIB

Muncul Dugaan Hepatitis Misterius Disebabkan Paracetamol, Ini Faktanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi minum obat Ilustrasi paracetamol yang diduga berkaitan dengan hepatitis akut misterius. (Foto: iStock)
Jakarta -

Selain adenovirus dan COVID-19, belakangan muncul dugaan kaitan penyebab hepatitis misterius dengan penggunaan obat-obatan seperti paracetamol. Hal ini bermula dari laporan sejumlah keluarga pasien hepatitis akut misterius Inggris.

Anak-anak mereka disebut baru saja mengonsumsi paracetamol sebelum infeksi terjadi. Bagaimana faktanya?

Direktur klinis dan emerging infections di Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) Meera Chand menegaskan sebenarnya tidak ada kaitan antara konsumsi paracetamol dengan hepatitis misterius.

Data UKHSA memang mencatat sekitar tiga perempat responden Inggris menggunakan parasetamol. Namun, penggunaan parasetamol dianggap tidak berpengaruh pada kondisi hati pasien lantaran mereka mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan pedoman yang ditetapkan.

Begitu juga dugaan hepatitis akut misterius dengan vaksin COVID-19. Chand menepis tudingan tersebut lantaran persentase anak yang belum menerima vaksin COVID-19 dan terinfeksi hepatitis akut misterius lebih tinggi.

"Tidak ada kaitan dengan parasetamol, overdosis yang dapat menyebabkan gagal hati. Hubungan apapun dengan vaksin COVID juga telah dikesampingkan, karena sebagian besar anak-anak belum cukup umur untuk disuntik," terang Chand.

Para ahli termasuk WHO sebelumnya juga mengesampingkan kemungkinan pasien hepatitis akut terpapar langsung saat melakukan perjalanan. Kemungkinan penularan sejauh ini diyakini melalui asupan makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]