Jumat, 13 Mei 2022 16:30 WIB

PDSI Minta Revisi UU Kedokteran, Beneran Jadi Pesaing IDI?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Deklarasi PDSI Foto: Mochammad Fajar Nur/detikHealth
Jakarta -

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dikabarkan akan bergabung dengan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI). Sebagaimana diketahui, Terawan mendapat sanksi pemberhentian dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Ketua Umum PDSI Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyanto mengatakan dr Terawan sudah menyetujui tawaran PDSI untuk bergabung. Ia juga berujar akan ada acara penyambutan secara resmi atas bergabungnya dr Terawan ke PDSI.

"Sekarang beliau sudah setuju, sudah sanggup. Ya sudah nanti kita adakan macam acara kecil-kecilan untuk penyambutan," ujar dr Jajang saat dihubungi detikcom, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut dr Jajang juga berharap adanya revisi UU Praktik Kedokteran yang menyatakan soal organisasi keprofesian hanya boleh satu atau tunggal. Menurutnya UU tersebut bisa menimbulkan suatu sikap otoriter.

"Berharap adanya revisi UU Praktik Kedokteran, kalau tunggal itu kan terkesan otoriter nantinya," sambungnya.

Ia menegaskan organisasinya PDSI, juga sudah resmi diakui hukum sehingga sudah sah terbentuk. dr Jajang berpendapat di Kemenkumham tidak ada pernyataan organisasi profesi harus tunggal.

"Kita juga sudah diakui secara hukum, di Kemenkumham lihat saja sebetulnya tidak ada kata 'tunggal', jadi ya sama saja kami juga organisasi juga," terangnya.

Menurutnya, di negara lain juga memiliki organisasi keprofesian yang lebih dari satu.

"Di negara besar saja ikatan profesi itu lebih dari satu, biar banyak pilihan," bebernya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Inisiatif PDSI Tawarkan "Rumah Baru" Untuk Terawan"
[Gambas:Video 20detik]