ADVERTISEMENT

Senin, 16 Mei 2022 12:08 WIB

Kenapa Mulut Terasa Gatal Usai Makanan Nanas? Ternyata Ini Penyebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Fresh pineapple with slices on the wood texture background Foto: Getty Images/iStockphoto/Anusorn Sutapan
Jakarta -

Buah nanas yang rasanya asam manis jadi favorit banyak orang dan biasa dikonsumsi dalam berbagai hidangan. Nah bagi yang pernah makan buah nanas langsung setelah dikupas, sebagian orang mungkin pernah mengalami mulut terasa gatal atau kebas setelahnya.

Hal tersebut wajar terjadi dan menurut peneliti kemungkinan berkaitan dengan kandungan enzim bromelain pada buah nanas yang bekerja mengurai protein. Oleh sebab itu nanas dikenal juga sebagai pelunak daging alami dalam masakan.

Ahli farmasi dari University of Turin, Alessandro Colletti, menjelaskan enzim bromelain nanas tidak berbahaya bila dikonsumsi manusia. Rasa kebas, gatal, atau nyeri pada mulut bisa terjadi ketika konsentrasi bromelain yang tinggi mulai mengikis lapisan mukosa di mulut.

"Saat Anda makan buah nanas, konsentrasi bromelain yang ada bisa sekitar 500 mikrogram per mililiter... Konsentrasi ini sebetulnya tidak terlalu tinggi banget," kata Alessandro seperti dikutip dari Live Science, Senin (16/5/2022).

Satu trik populer yang kerap dilakukan orang-orang untuk membersihkan enzim bromelain nanas adalah dengan mencucinya dengan air garam. Cara lainnya adalah dengan memasak nanas karena panas dapat menonaktifkan enzim bromelain.



Simak Video "Tips Agar Tak Kena Nyeri Punggung Bawah saat WFH"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT