ADVERTISEMENT

Selasa, 17 Mei 2022 09:35 WIB

Konsultasi Kesehatan

Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Kira-kira Apa Penyebabnya Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
White sanitary pad with red and pink flowers on it, woman health or body positive concept. Pink background.  Flatlay. Copyspace Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Usia saya menginjak 20 tahun. Pada bulan September lalu saya tidak menstruasi sampai Desember. Pada akhirnya bulan Januari saya menstruasi cukup banyak. Setelah saya menstruasi selama 8 hari, saya mandi hadas dan pada jadwal atau bulan berikutnya saya tidak mens.

Menginjak bulan Maret saya mens hanya seperti flek-flek saja. Setelah itu, bulan April ini saya juga seperti banyak kecoklatan seperti flek dan tidak ada darah.

Kenapa siklus menstruasi saya seperti ini? Adakah obat atau sarannya Dok?

Jihan (Wanita, 20 tahun)

Jawaban:

Melihat siklus menstruasi mba Jihan, bisa dikatakan siklus haid ini tidak teratur. Siklus menstruasi yang teratur antara 21-38 hari dihitung dari hari pertama bertemu hari pertama siklus selanjutnya.

Jika memang terjadi siklus haid yang tidak teratur pada kasus ini kita sebut oligomenorhhea, ada baiknya dilakukan evaluasi lebih mendalam mulai dari penghitungan Body Mass Index (BMI), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang berupa USG hingga kemungkinan pemeriksaan laboratorium untuk penegakan diagnosis.

Baru kemudian dilakukan tata laksana yang tepat guna mendapatkan siklus menstruasi optimal.

dr Reni Junita, SpOG
Spesialis Obstetri dan Ginekologi Morula IVF Margonda

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Wanita Menstruasi Aman dari Gagal Jantung, Benarkah? "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT