Selasa, 17 Mei 2022 10:05 WIB

Kekurangan Vaksin, Korut Andalkan Ramuan Tradisional untuk Hadapi COVID

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta -

Korea Utara (Korut) kelimpungan menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Negara yang hingga akhir bulan lalu mengklaim tidak ada kasus COVID-19 dan belum menjalankan program vaksinasi itu kini mengandalkan ramuan tradisional.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam rapat darurat menyalahkan kabinetnya sendiri yang dianggap tidak becus mengurus sektor kesehatan. Kim akhirnya memerintahkan militer untuk mengamankan suplai obat-obatan di kota Pyongyang.

Berbicara dengan media setempat, Wakil Menteri Kesehatan Korut Kim Hyong Hun mengatakan akan mulai menerapkan sistem pengobatan untuk ratusan kasus demam setiap harinya yang dicurigai COVID-19. Obat yang digunakan adalah pereda nyeri dan antibiotik umum, seperti ibuprofen dan amoxicillin.

Warga juga diimbau untuk minum teh herba lonicera japonica atau daun gandarusa tiga kali sehari serta berkumur dengan air garam.

"Obat tradisional adalah yang terbaik!" ujar satu warga Korea Utara dalam wawancara dengan media Korut seperti dikutip dari CNA, Selasa (17/5/2022).

(fds/up)