Selasa, 17 Mei 2022 13:00 WIB

Ramai Dikaitkan dengan Hepatitis Misterius, Ini Cara Cegah Adenovirus

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Anak sakit Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Berbagai negara di dunia melaporkan adanya kasus hepatitis akut misterius. Penyebab pasti belum diketahui, tetapi dugaan mengerucut salah satunya ke adenovirus.

Sejauh ini investigasi untuk mengidentifikasi penyebab sedang berlangsung. Yang pasti, penyakit ini didefinisikan 'tidak diketahui etiologinya' karena penyebab hepatitis pada umumnya seperti virus hepatitis A hingga E tidak terkonfirmasi.

Dikutip dari laman The Lancet Infectious Diseases, adenovirus telah menjadi fokus utama investigasi karena sejumlah besar kasus, sekitar 70 persen, dikaitkan dengan virus tersebut.

Adenovirus adalah patogen umum yang biasanya menyebabkan gejala pernapasan ringan, meskipun di masa lalu mereka telah terlibat dalam hepatitis pada anak-anak yang memiliki gangguan kekebalan imun. Beberapa hipotesis telah diajukan tentang bagaimana patogenesis adenovirus mungkin telah berubah menjadi penyebab hepatitis pada anak-anak yang sehat.

Bagaimana cara mencegah adenovirus?

Meski belum diketahui secara pasti dan penyebab hepatitis akut ini masih menjadi misteri, Anda dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari adenovirus dengan beberapa cara berikut:

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit


Simak Video "Kemenkes Sebut Hepatitis Akut Misterius Bisa Menyebar Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)