Selasa, 17 Mei 2022 17:19 WIB

Jokowi Longgarkan Aturan Wajib Masker, Hepatitis Misterius Bagaimana?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Presiden Joko Widodo melantik Ketua MA Muhammad Syarifuddin dan Hakim MK Manahan Sitompul di Istana Negara Jakarta. Jokowi tampak memakai masker. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan pelonggaran penggunaan masker bagi masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan dan tidak padat orang, diperbolehkan tidak menggunakan masker.

"Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," katanya saat konferensi pers, Selasa (17/5/2022).

Namun, bagi mereka yang masuk kategori kelompok rentan, seperti lansia dan penyakit komorbid, disarankan untuk tetap memakai masker saat beraktivitas. Begitu juga mereka yang mengalami gejala batuk pilek.

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan lansia atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," lanjutnya.

Lantas, bagaimana dengan hepatitis misterius yang belakangan tengah ngegas? Apakah bisa menular lewat udara?

Simak Video 'Meski Dilonggarkan, Masker Tetap Disarankan Dipakai untuk Kelompok Ini':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2