Jokowi Umumkan Pelonggaran, Aktivitas Luar Ruang Tak Wajib Masker!

ADVERTISEMENT

Jokowi Umumkan Pelonggaran, Aktivitas Luar Ruang Tak Wajib Masker!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Selasa, 17 Mei 2022 17:04 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengumumkan pelonggaran penggunaan masker bagi warga Indonesia. Kabar baiknya, masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan kini diperkenankan mencopot masker.

Syaratnya, mereka mengetahui risiko kesehatan masing-masing, bagi pengidap komorbid Jokowi masih menyarankan untuk mengenakan masker di segala aktivitas. Keputusan ini muncul usai perkembangan data COVID-19 pasca Lebaran konsisten menurun signifikan.

"Dengan memperhatikan kondisi saat ini di mana penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia semakin terkendali maka perlu saya menyampaikan beberapa hal, yang pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," terangnya dalam konferensi pers Selasa (17/5/2022).

"Ketika beraktivitas di luar ruangan dan tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak memakai masker," sambung dia.

Sebagai informasi, kasus harian COVID-19 di Indonesia sepekan terakhir berada di bawah seribu kasus. Angka kematian juga tercatat rendah dengan terakhir per Senin (16/5) mencatat 'hanya' 6 orang meninggal dunia.

Meski tren kasus COVID-19 terus membaik, status wabah COVID-19 hingga kini masih berada di pandemi. Pasalnya, hanya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berwenang mencabut status tersebut atau menyatakan sejumlah wilayah memasuki fase endemi.

(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT