Rabu, 18 Mei 2022 09:01 WIB

Masker Boleh Lepas, Satgas Ingatkan Pandemi Tetap Belum Berakhir

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Omicron yang lebih mudah menular memicu naiknya jumlah kasus COVID-19 di RI. Meski begitu masih ada warga Sumedang yang beraktivitas di luar rumah tanpa masker. Masker boleh lepas, Satgas ingatkan pandemi tetap belum berakhir (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Mulai hari ini, Rabu (18/5/2022), pemerintah telah mengizinkan masyarakat yang sudah divaksin lengkap beserta booster dan bukan kelompok tinggi risiko, tidak memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan. Meski demikian, Satuan Tugas (Satgas) Penangan COVID-19 mengingatkan masyarakat bahwa pandemi COVID-19 secara resmi belum berakhir.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga hari ini belum menyatakan pandemi COVID-19 berakhir.

"Pandemi belum selesai dan status pandemi hanya bisa dicabut oleh WHO. Namun saat ini, Indonesia mulai bertransisi menuju fase endemi," kata Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, dikutip Rabu (18/5/2022).

Oleh karena itu, Satgas COVID-19 meminta masyarakat tetap melanjutkan vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan.

"Walaupun pemerintah telah banyak kembali mengizinkan peningkatan aktivitas masyarakat, namun kita harus tetap melanjutkan upaya vaksinasi dan budaya hidup bersih dan sehat lainnya seperti protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir seperti yang dikatakan WHO," ujar Prof Wiku.

Menurut Prof Wiku, kebijakan pemerintah melonggarkan protokol kesehatan dilakukan berdasarkan pertimbangan saintis dan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

"Keputusan ini, menimbang kasus nasional dan global dan tetap memperhatikan prinsip hati-hati," pungkasnya.



Simak Video "Pahami Lagi Perbedaan Endemi, Epidemi, dan Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)