Rabu, 18 Mei 2022 11:35 WIB

Tak Ada Lonjakan COVID-19 usai Lebaran, Benar-benar Sudah Aman Copot Masker?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Angka covid-19 yang terus menurun di Jakarta kini membut warga mulai kendorkan masker.

Sejumlah warga beraktivitas di Jembatan Multiguna Tanah Abang, Jakarta, Senin (4/10/2021). Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Seiring pelonggaran aturan penggunaan masker yang baru saja diumumkan Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (17/5/2022), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut hingga kini terpantau tak ada kenaikan kasus COVID-19 imbas mudik Lebaran. Namun begitu Menkes menyebut, kemungkinan kasus COVID-19 RI naik lagi tetap ada.

"Sesudah Lebaran, sampai sekarang kita belum melihat adanya kenaikan kasus. Kalau ditanya apakah akan ada atau tidak, feeling saya harusnya ada karena kan mobilitasnya naik tinggi," beber Menkes dalam konferensi pers virtual 'Pelonggaran Kewajiban Pemakaian Masker dan Aturan Perjalanan Dalam dan Luar Negeri', Selasa (17/5).

"Tetapi selama masih di bawah threshold positivity rate 5 persen dan kita juga monitor setiap minggu mengenai reproduction rate-nya yang sekarang sudah satu atau sedikit di bawah satu, harusnya ini masih terkendali," sambungnya.

Menurutnya, mengacu pada lonjakan kasus COVID-19 yang pernah terjadi di Indonesia sebelumnya, kenaikan kasus terpantau baru terjadi 27-34 hari pasca momen libur hari raya.

Walhasil, untuk memastikan ada atau tidak adanya kenaikan kasus COVID-19 secara signifikan imbas mudik Lebaran, pihaknya akan menunggu hingga akhir bulan ini.

"Pengalaman kami melihat hari-hari raya besar sebetulnya yaitu Natal dan Tahun baru tahun lalu, juga Lebaran tahun lalu biasanya indikasi kenaikan terjadi 27-34 hari sesudah hari Raya. Jadi kalau hari raya kemarin 2 Mei, kita lihat di akhir bulan ini. Insyaallah tidak ada kenaikan yang signifikan. Tapi nanti kita tunggu supaya bisa lebih jeli melihat di akhir bulan ini," pungkas Menkes.



Simak Video "Kasus Covid-19 Diprediksi Landai, Apa Tanggapan Pakar Mikrobiologi?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)