Rabu, 18 Mei 2022 12:33 WIB

FDA Izinkan Vaksin Booster Pfizer untuk Anak Usia 5-11 Tahun

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Efek samping vaksin booster Pfizer mulai dicari tahu setelah adanya program vaksinasi dosis ke-3. Lantas, apa saja efek samping vaksin booster Pfizer? Ilustrasi FDA izinkan vaksin booster pfizer untuk anak usia 5-11 tahun Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum
Jakarta -

Amerika Serikat telah menetapkan penggunaan darurat vaksin COVID-19 Pfizer pada anak rentan usia 5-11 tahun sebagai booster. Keputusan ini telah ditetapkan oleh Food and Drug Administration (FDA) dengan syarat penerimaaan booster dalam rentan waktu lima bulan setelah mendapat vaksin utama (dosis satu dan dua).

"Meskipun sebagian besar kasus COVID-19 cenderung tidak terlalu parah pada anak-anak dibandingkan orang dewasa, gelombang Omicron telah membuat lebih banyak anak-anak jatuh sakit karena wabah ini dan dirawat di rumah sakit, dan anak-anak juga dapat mengalami efek jangka panjang bahkan setelah penyakit yang awalnya ringan," kata Komisaris FDA Dr Robert Califf dikutip dari CNN (18/5/2022).

"FDA mengizinkan penggunaan dosis booster tunggal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun untuk memberikan perlindungan berkelanjutan terhadap COVID-19," sambungnya.

Sebelumnya, Pfizer sudah memberikan uji coba vaksin ini kepada 4.500 anak-anak rentan usia 5-11 tahun dan menunjukan hasil yang baik tanpa adanya tanda efek samping.

Kesehatan Publik AS menyarankan masyarakat untuk terus mendapatkan informasi terbaru tentang vaksinasi COVID-19, termasuk semua dosis booster yang direkomendasikan, sebagai cara terbaik untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar.

Menurut analisis data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), anak-anak yang berusia 12 tahun ke atas dan sudah divaksinasi lengkap dan mendapat vaksin booster akan memiiki risiko kematian akibat COVID-19 20 kali lebih rendah dibanding orang yang tidak divaksinasi.



Simak Video "Penerima Vaksin Janssen Dosis Pertama Boleh Lanjut Booster"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/fds)