Rabu, 18 Mei 2022 14:45 WIB

Hepatitis A Menular Melalui Apa Sih? Kenali Cara dan Risikonya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
The word Hepatitis is written on wooden blocks next to tablets on a blue background. Medical concept Hepatitis A menular melalui apa? (Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH)
Jakarta -

Hepatitis A menular melalui apa sih? Pertanyaan ini kerap dicari oleh banyak orang lantaran belakangan ini tengah heboh penularan kasus hepatitis di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Penyakit hepatitis memiliki banyak jenis, di antaranya adalah hepatitis A.

Sebagai informasi, hepatitis A merupakan peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A (HAV). Orang yang terkena hepatitis A mungkin akan merasa sakit selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Pengidap biasanya akan mengalami kesembuhan total dan tidak mengalami kerusakan hati yang berkepanjangan.

Namun, di beberapa kasus ada juga yang mengalami gagal hati, bahkan kematian. Resiko ini lebih rentan terjadi pada lansia yang memiliki masalah komorbid, seperti penyakit hati kronis.

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pencegahan dari virus hepatitis A untuk mencegah penularan yang semakin tinggi. Lantas, hepatitis A menular melalui apa? Simak informasi berikut.

Hepatitis A menular melalui apa?

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, Rabu (18/5/2022), virus hepatitis A diklaim sangat menular dan dapat ditemukan di dalam tinja atau darah seseorang yang terinfeksi. Adapun penularannya sebagai berikut.

Kontak dekat

Hepatitis A dapat menular melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, seperti melakukan aktivitas seksual, merawat orang yang terinfeksi, hingga menggunakan obat-obatan bersama.

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi

Virus hepatitis A dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, baik itu makanan setelah dimasak, ditangani, hingga diproses.

Bisa juga dengan air yang sudah terkontaminasi limbah atau tidak diolah dengan baik.

Hepatitis A menular melalui apa? Ini faktor risikonya

Hepatitis A umumnya bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Mereka yang belum pernah divaksinasi umumnya lebih rentan terinfeksi. Begitu juga, mereka yang tinggal di daerah endemisitas tinggi. Berikut faktor risikonya:

  • Sanitasi yang buruk
  • Kurangnya air bersih
  • Tinggal serumah dengan orang yang terinfeksi
  • Penggunaan obat-obatan rekreasional
  • Seks antara pria dengan pria
  • Bepergian ke daerah endemisitas tinggi tanpa diimunisasi

Nah, jadi pertanyaan terkait hepatitis A menular melalui apa? Jawabannya bisa dari makanan dan minuman yang terkontaminasi hingga melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, seperti seksual.

Simak Video 'Menkes: Hepatitis Akut Misterius Tidak Timbulkan Kluster':

[Gambas:Video 20detik]



(suc/up)