Rabu, 18 Mei 2022 18:47 WIB

Jokowi Longgarkan Aturan Wajib Masker, Simak Aturan Baru Naik KRL

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Mulai hari ini KAI Commuter tak lagi terapkan jaga jarak tempat duduk penumpang KRL. Sejalan dengan itu, pembatasan kapasitas KRL pun meningkat menjadi 60%. Jokowi melonggarkan aturan masker, simak aturan baru naik KRL. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengizinkan masker tidak lagi wajib dipakai saat beraktivitas di luar ruangan. Hal ini disebut menjadi tahap awal transisi Indonesia dari pandemi COVID-19 menuju endemi.

Sehubungan dengan keputusan tersebut, KAI Commuter mengubah aturan terkait operasi dan layanan KRL dan KA Lokal sesuai dengan aturan terbaru dari pemerintah yaitu sesuai Surat Edaran Kemenhub Nomor 57 tahun 2022. Namun, penggunaan masker tetap diwajibkan.

Kapasitas Penumpang Lebih Banyak

Saat ini, KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo diperkenankan melayani pengguna hingga 80 persen atau sebanyak 130-135 pengguna per kereta. Sedangkan untuk kapasitas pengguna KA Lokal perkotaan di wilayah Merak, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya diperbolehkan hingga 100 persen sesuai kapasitas.

Namun seluruh penumpang tetap wajib menggunakan masker dan menunjukkan sertifikat vaksin kepada petugas, baik melalui aplikasi PeduliLindungi atau sertifikat vaksin manual. KAI juga mengimbau untuk terus menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Seluruh pengguna wajib memakai masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut, dan dagu secara sempurna sesuai dengan aturan. Para pengguna juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin secara manual kepada petugas," tulis Anne Purba, VP Corporate Secretary KAI lewat keterangan tertulis yang diterima detikcom (18/5/2022).

KAI Commuter juga masih memberlakukan aturan larangan bicara secara langsung maupun melalui telepon selama berada di dalam perjalanan. Untuk pengguna yang membawa anak-anak khususnya balita, diimbau menggunakan KRL pada waktu tak padat penumpang.

Jam operasional KRL Jabodetabek maupun KRL Yogyakarta-Solo masih sama seperti biasa, namun bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan KA Lokal disarankan menggunakan aplikasi KAI Acces untuk memudahkan transaksi pembelian.

Simak juga 'Ingat! Mulai Hari Ini Boleh Lepas Masker di Outdoor!':

[Gambas:Video 20detik]



(mfn/naf)