Sabtu, 21 Mei 2022 05:00 WIB

Round Up

Gertakan Baru Terawan? Ajak Semua Dokter Gabung PDSI, Tak Lagi Tanggapi IDI

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto Eks Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta -

Mantan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto disebut telah menerima pemecatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Dipastikan tak mau menanggapi tawaran untuk masuk lagi, dan memilih membesarkan Persatuan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Hal itu disampaikan Andi, salah seorang tim komunikasi dr Terawan. Menurutnya, dr Terawan telah bertekad untuk membesarkan PDSI, organisasi baru besutan Brigjen (Purn) dr Jajang Edi Priyanto yang juga anak buah dr Terawan.

"Saya akan ikut membangun PDSI karena saya sudah tidak ada tempat untuk berteduh lagi," kata terawan, ditirukan Andi, dalam pernyataan kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Menurut Andi, dr Terawan memutuskan untuk tidak merespons pernyataan Ketua Umum PB IDI dr M Adib Khumaidi, SpOT soal kemungkinan kembali ke IDI. Mengatasnamakan kemanusiaan, dr Terawan memutuskan untuk ikut membesarkan PDSI.

Meski pindah ke rumah baru, dr Terawan menegaskan dirinya tetap menaruh hormat kepada rekan dokter yang bernaung di IDI. Ia mengatakan banyak mendapat pelajaran berharga selama bergabung dengan IDI, hingga akhirnya mendapat sanksi pemecatan.

Penggagas terapi cuci otak ini juga mengajak sejawat dokter untuk bergabung dengan PDSI. Ia berharap, PDSI akan semakin memajukan ilmu kesehatan.

"Agar kita dapat mengembangkan ilmu kesehatan yang lebih maju, saya mengajak rekan sejawat yang bertugas di TNI, Polri, ASN, swasta, profesional dan juga para dokter serta mahasiswa di dalam dan diluar negeri untuk bergabung bersama PDS," kata Terawan.

NEXT: IDI klaim belum ada anggota 'nyeberang' ke PDSI, terbuka jika Terawan ingin gabung lagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2