Kamis, 19 Mei 2022 18:56 WIB

Ketum IDI Sebut Belum Ada Anggota yang 'Resign' dan Pindah ke PDSI

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ketua IDI dr. Adib Khumaidi, SpOT. saat rapat dengar pendapat di DPR RI Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Moh Adib Khumaidi, SpOT menegaskan bahwa belum ada satupun anggota-nya yang menyatakan ingin keluar dari keanggotaan dan beralih ke Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Dalam penjelasannya, dr Adib mengatakan proses pemberhentian dari keanggotaan IDI juga harus dinyatakan secara tertulis.

"Yang membuat statement terkait dengan bahwa anggota PDSI keluar dari IDI itu bukan kami. Tapi, ketua PDSI sendiri," tegas dr Adib dalam konferensi pers Hari Bakti Dokter Indonesia 114 melalui YouTube, Kamis (19/5/2022).

"Kami sampai sekarang pun komunikasi dengan teman-teman yang ada di daerah, tidak ada yang keluar. Sampai sekarang, tidak ada yang meminta mengundurkan diri dari IDI," sambung dia.

"Bahkan ada beberapa daerah yang mengklarifikasi bahwa berkomunikasi dengan teman-teman pengurus PDSI. Mereka pun sampaikan tidak seperti itu," lanjut dia.

Menurut dr Adib, selama anggota PDSI belum mengundurkan diri secara resmi, mereka masih tetap bagian dari IDI. Selain itu, mereka juga masih berhak mendapatkan pengawasan pelaksanaan kode etik kedokteran dari IDI.

"Jadi mohon maaf, selama dia tidak secara tertulis mengundurkan diri sebagai anggota IDI, maka mereka tetap menjadi anggota IDI," kata dr Adib.

Namun, dr Adib mengungkapkan pihaknya tidak bisa melarang atau menghalangi anggotanya jika ingin mundur dari IDI.

"Kita tidak bisa menghalangi juga kalau ada yang ingin mengundurkan diri. Jadi, sampai sekarang belum ada (anggota PDSI yang mengundurkan diri dari IDI)," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDSI Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyanto mengatakan bahwa dengan adanya deklarasi PDSI, secara otomatis anggotanya keluar dari IDI ataupun organisasi profesi lainnya.

"Pada dasarnya setelah kita deklarasikan PDSI, seluruh anggota PDSI mau tidak mau keluar dari organisasi sebelah," beber dr Jajang saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).



Simak Video "Bicara soal Organisasi di Luar IDI, Ketua IDI Singgung PDSI?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)