Sabtu, 21 Mei 2022 12:34 WIB

Apa Itu Colchicine? Dosis, Efek Samping, dan Aturan Pakai

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Close-up red and black Medicine Capsules in Blister Packs Ilustrasi colchicine. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)
Jakarta -

Colchicine adalah obat untuk meredakan nyeri akibat serangan asam urat mendadak atau akut. Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah gejala penyakit asam urat (gout), seperti nyeri sendi. Colchicine adalah obat resep, sehingga penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter.

Asam urat adalah zat yang dihasilkan oleh tubuh untuk memecah purin yang berasal dari makanan. Biasanya, asam urat dikeluarkan tubuh melalui feses atau urine. Ketika asam urat menumpuk secara berlebihan, maka akan terbentuk kristal di area sendi. Hal ini menyebabkan peradangan pada sendi, sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Obat Colchicine berperan untuk mencegah dan mengurangi rasa sakit karena tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Namun perlu diingat bahwa obat ini tidak bisa mengobati penyakit asam urat. Obat ini diberikan pada pasien yang sudah menjalani pengobatan sebelumnya dengan Allopurinol dan Probenecid.

Simak informasi berikut tentang dosis, efek samping, dan aturan pakai obat Colchicine.

Dosis Obat Colchicine

Colchicine dapat digunakan sesuai anjuran dari dokter. Dikutip dari MIMS, berikut adalah dosis obat Colchicine sesuai usia dan kondisi medis pasien.

1. Mencegah Serangan Asam Urat

Dewasa: Dosis 0,5, diberikan tiap 2-3 kali sehari.
Anak-anak: Dosis ditentukan oleh dokter.

2. Familial Mediterranean Fever

Dewasa dan anak 12 tahun ke atas: Dosis 1,2-2,4 mg, diberikan 1-2 dosis terbagi per hari. Peningkatan atau pengurangan dosis akan disesuaikan dokter sesuai kondisi pasien.
Anak usia 6-12 tahun: Dosis 0,9-1,8 mg. Diberikan 1-2 dosis terbagi per hari.
Anak usia 4-6 tahun: Dosis 0,3-1,8 mg. Diberikan 1-2 dosis terbagi per hari.
Anak usia di bawah 4 tahun: Dosis ditentukan oleh dokter.

Efek Samping Obat Colchicine

Ada sejumlah efek samping obat Colchicine yang umum terjadi, antara lain:

  • Diare
  • Kram perut
  • Mual
  • Muntah

Selain itu, periksakan diri ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat atau timbul efek samping serius, seperti:

  • Demam
  • Jantung berdebar
  • Kelelahan atau lemas
  • Kesemutan
  • Mati rasa di jari tangan atau kaki
  • Mudah memar
  • Pucat pada bibir, lidah, dan telapak tangan
  • Sakit tenggorokan

Aturan Pakai Obat Colchicine

Penggunaan obat Colchicine harus sesuai resep dokter. Selain itu, ikuti petunjuk yang tertera pada label kemasan. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Colchicine dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Meski tidak mengalami serangan asam urat, tetap konsumsi obat ini sesuai resep dokter. Jangan menunda minum obat, karena pengobatan bisa menjadi kurang efektif.

Agar pengobatan berjalan maksimal, sebaiknya dibarengi dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi purin, seperti hati ayam atau ikan sarden.



Simak Video "Obat Covid Remdesivir Disetujui untuk Anak di Bawah 12 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)