CDC Temukan Bukti Baru, Adenovirus Benar Jadi Penyebab Hepatitis Akut?

ADVERTISEMENT

CDC Temukan Bukti Baru, Adenovirus Benar Jadi Penyebab Hepatitis Akut?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sabtu, 21 Mei 2022 17:01 WIB
Hepatitis word from wooden blocks on desk
CDC menemukan bukti baru keterkaitan adenovirus pada kasus hepatitis misterius. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengatakan penyebab hepatitis akut misterius yang menyerang sejumlah negara saat ini disebabkan oleh adenovirus. Itu menjadi hipotesis utama dari CDC AS saat ini.

Wakil direktur CDC untuk penyakit menular, Dr Jay Butler, mengatakan bahwa setengah dari anak-anak yang didiagnosis hepatitis misterius dalam beberapa bulan terakhir juga terinfeksi dengan jenis adenovirus. Meski begitu, CDC masih akan terus menyelidiki penyebab pasti penyakit tersebut.

"Bukti semakin bertambah bahwa ada peran adenovirus, khususnya adenovirus-41," bebernya yang dikutip dari Reuters, Sabtu (21/5/2022).

Dalam pemaparannya, Dr Butler mengatakan sebuah teori. Menurutnya, langkah-langkah pengendalian pandemi COVID-19 yang selama ini dijalankan mungkin membatasi paparan adenovirus.

Belakangan ini, kasus hepatitis misterius banyak dikaitkan dengan jenis adenovirus-41 yang secara khusus dikaitkan dengan anak-anak yang memiliki gangguan kekebalan tubuh. Namun, banyak kasus yang pertama kali dilaporkan ke CDC tidak memiliki kondisi tersebut.

Selain adenovirus, CDC juga tengah menyelidiki hal lainnya yang bisa memicu penyakit ini. Misalnya seperti infeksi COVID-19, patogen, obat-obatan, hingga faktor lainnya.

Meski begitu, hingga saat ini CDC masih belum melihat peningkatan keseluruhan kasus hepatitis akut tersebut. Kasus ini masih jarang terjadi.



Simak Video "Kemenkes Sebut Ada 91 Kasus Kumulatif Dugaan Hepatitis Akut di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT