Sabtu, 21 Mei 2022 20:59 WIB

Achmad Yurianto Meninggal Dunia, Disebut Alami Multiple Komplikasi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (dok. BNPB) Foto: Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (dok. BNPB)
Jakarta -

Mantan juru bicara COVID-19 Achmad Yurianto meninggal dunia pada Sabtu (21/5/2022). Kabar ini juga dikonfirmasi Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat dr Siti Nadia Tarmizi.

dr Nadia membenarkan pria yang akrab disapa Yuri meninggal dunia setelah kondisinya terus menurun karena mengidap stroke. Menurutnya, Yuri yang sempat menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan RI, mengalami multiple komplikasi.

"Beliau mengalami multiple komplikasi," terang dr Nadia kepada detikcom Sabtu (21/5/2022).

"Memang karena hal itu, kondisinya menjadi berat ya," sambung dia.

Achmad Yurianto, Dewan Pengawas BPJS Kesehatan tutup usia pukul 18.58 WIB di Malang. Yuri sebelumnya sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto karena stroke setelah menjalani kemoterapi kanker usus.

Direktur Utama (Dirut) RSPAD Gatot Subroto, Letjen TNI A Budi Sulistya sebelumnya mengatakan pihaknya berusaha maksimal agar Achmad Yurianto cepat pulih.

"Dokter Achmad Yurianto saat ini dirawat di RSPAD. Jadi memang sudah perawatan periodik, artinya sudah beberapa kali kita rawat," terang Budi pada detikcom, Minggu (24/4).

"Tentang kondisi ya memang kami berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik supaya beliau bisa pulih," kata dia.



Simak Video "Achmad Yurianto Sakit Stroke Usai Kemoterapi Kanker Usus"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)