Minggu, 22 Mei 2022 08:07 WIB

WHO Wanti-wanti Cacar Monyet Mewabah, Bisa Menular Lewat Seks

Firdaus Anwar - detikHealth
cacar monyet Foto: Getty Images/CDC
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewanti-wanti kemungkinan kasus cacar monyet di dunia akan bertambah. Hingga Sabtu (22/5/2022), setidaknya sudah ada 92 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan 28 kasus suspek dari 12 negara.

Ahli penyakit infeksi dari WHO, David Heymann, mengatakan kasus cacar monyet di beberapa negara tampaknya menyebar gara-gara aktivitas seksual. Seseorang diketahui bisa terinfeksi cacar monyet bila melakukan kontak fisik, terpapar cairan tubuh dari orang sakit.

"Apa yang tampaknya terjadi sekarang adalah cacar monyet masuk ke populasi sebagai bentuk penyakit seksual, sebagai bentuk penyakit genital. Menyebar seperti penyakit infeksi menular seksual sehingga kasus penularannya meningkat di dunia," kata David seperti dikutip dari Reuters, Minggu (22/5/2022).

WHO dikabarkan tengah mengadakan pertemuan untuk membahas rekomendasi ahli menghadapi ancaman wabah cacar monyet. Penyakit ini diakui cukup mengancam, namun kemungkinan tidak akan sampai menjadi pandemi.

Orang-orang yang memiliki gejala demam dan atau timbul bintil-bintil berisi cairan diimbau agar melakukan isolasi.

Cacar monyet sendiri adalah penyakit menular yang endemi di wilayah Afrika. Cacar monyet biasanya hanya menimbulkan gejala ringan dan sudah tersedia vaksinnya.

"Ada vaksin yang tersedia, tetapi pesan yang paling penting adalah Anda dapat melindungi diri sendiri," pungkas David.

Simak juga 'Kenali Gejala dan Waspada Cacar Monyet':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Mengenal Cacar Monyet yang Mewabah di Sejumlah Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)