Minggu, 22 Mei 2022 10:17 WIB

Cacar Monyet Merebak, Komunitas LGBTQ Khawatir Makin Didiskriminasi

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi lgbt gay lesbian biseksual trangender waria Foto ilustrasi: Andi Saputra
Jakarta -

Komunitas lesbian, gay, biseksual, transeksual, dan queer (LGBTQ) dibuat resah dengan penyakit cacar monyet yang kini merebak di dunia. Ada kekhawatiran penyakit tersebut akan semakin menambah diskriminasi.

David Hawkins dari West Island LGBTQ2+ Centre menyebut dampak sosial dari ketakutan yang ditimbulkan cacar monyet bisa sama seperti pengalaman saat krisis HIV-AIDS. Cacar monyet akan dikaitkan dengan penyakit 'kaum homoseksual' dan orang-orang didiskriminasi sehingga malah jadi takut menjalani tes kesehatan.

"Risiko dan ketakutan bahwa ini akan digunakan untuk menstigmatisasi komunitas LGBTQ2+ lebih jauh, saya pikir ketakutan itu sangat nyata bagi banyak orang dan ada catatannya dalam sejarah," kata David seperti dikutip dari CBC, Minggu (22/5/2022).

Kaitan antara wabah cacar monyet dengan komunitas LGBTQ berawal dari temuan otoritas di Inggris yang melihat penyakit menyebar di antara pria homoseksual. Selain itu otoritas di Spanyol juga menutup satu sauna yang populer di antara pria homoseksual karena diduga berkaitan dengan penularan cacar monyet.

Cacar monyet sendiri merupakan penyakit yang dapat menular bila seseorang melakukan kontak fisik dengan orang yang sakit. Salah satu contoh kontak fisik tersebut memang aktivitas seksual, namun selain itu bisa juga hanya dengan bersentuhan, terpapar percikan liur, atau menyentuh objek yang terkontaminasi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan bahwa semua orang berisiko terpapar cacar monyet. Termasuk di antaranya orang tua yang merawat anak sakit hingga tenaga kesehatan.

"Menstigmatisasi sekelompok orang karena suatu penyakit tidak pernah dapat diterima. Ini dapat menjadi penghalang untuk mengakhiri wabah karena dapat mencegah orang mencari perawatan, dan menyebabkan penyebaran yang tidak terdeteksi," kata WHO.

Simak juga 'Sorotan Anggota Dewan ke Deddy Corbuzier Terkait Konten LGBT':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)