Senin, 23 Mei 2022 14:17 WIB

Mengenal Obat Diabetes Tipe 2 Acarbose: Dosis, Efek Samping, dan Aturan Pakai

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Close-up red and black Medicine Capsules in Blister Packs Ilustrasi obat Acarbose (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)
Jakarta -

Acarbose merupakan obat yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. Obat ini berguna menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali atau terkontrol. Supaya pengobatannya lebih efektif, penggunaan acarbose harus diimbangi dengan penerapan pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

Acarbose bekerja dengan cara memperlambat proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat di usus. Dengan begitu, obat ini dapat menurunkan kenaikan kadar gula darah.

Meskipun demikian, penggunaannya tidak boleh sembarangan dan harus sesuai anjuran dokter. Simak informasi lengkap terkait obat acarbose berikut ini.

Dosis Obat Acarbose

Dosis obat acarbose akan diberikan sesuai anjuran dokter. Nantinya, dokter akan memberitahu terkait jangka waktu perawatan tergantung pada respons tubuh terhadap obat tersebut.

Dosis Diabetes Melitus Tipe 2 (Oral)

Dewasa

Awalnya, 25 mg atau 50 mg. Dapat juga dimulai dengan 25 mg atau 50 mg setiap hari untuk meminimalkan efek gastrointestinal, kemudian secara bertahap meningkat menjadi 25 mg atau 50 mg tiga kali sehari.

Setelah 4-8 minggu, dosis dapat ditingkatkan lebih lanjut jika perlu, hingga 100-200 mg tiga kali sehari. Dosis harus disesuaikan dengan respon dan toleransi pasien.

Rekomendasi regimen dosis dapat bervariasi di antara masing-masing produk atau antar negara (lihat pedoman produk tertentu).

Efek Samping Acarbose

Obat medis seperti acarbose umumnya memiliki sejumlah efek samping yang harus diwaspadai, sehingga penggunaannya tidak boleh sembarangan dan harus sesuai instruksi dokter. Adapun efek sampingnya sebagai berikut.

  • Nyeri perut
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Gangguan pencernaan

Beberapa efek samping yang memerlukan bantuan medis segera:

  • Kulit atau mata menguning
  • Urine berwarna gelap
  • Kelelahan
  • Pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki

Apabila selama menjalani perawatan mengalami gejala-gejala di atas ini, segera beritahu dokter.

Aturan Pakai Obat Acarbose

Minum obat acarbose sesuai instruksi dokter, jangan melebihkan atau mengurangkan dosis. Minum obat ini saat akan mulai makan. Telan tablet acarbose dengan bantuan air putih atau ditelan bersama dengan suapan makan pertama. Cobalah untuk minum pada waktu yang sama setiap hari.

Acarbose harus diminum secara teratur agar efektif. Lanjutkan minum obat ini bahkan ketika merasa lebih baik. Jangan berhenti meminumnya kecuali diinstruksikan oleh dokter.



Simak Video "Aksi 'Colak-colek' Anak Bikin Resah "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)