Selasa, 24 Mei 2022 10:28 WIB

Jabodetabek Level 1 PPKM, Begini Aturan Terbaru Pakai Masker di Tempat Umum

Vidya Pinandhita - detikHealth
Angka covid-19 yang terus menurun di Jakarta kini membut warga mulai kendorkan masker.

Sejumlah warga beraktivitas di Jembatan Multiguna Tanah Abang, Jakarta, Senin (4/10/2021). Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Wilayah Jabodetabek masuk PPKM Level 1, dibarengi sejumlah pembaruan aturan. Mengingat baru-baru ini Presiden Joko Widodo mengumumkan pelonggaran masker, khususnya di area terbuka yang tidak padat orang. Lantas, seperti apa aturannya di wilayah dengan PPKM Level 1?

Mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, fasilitas umum seperti area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya diperbolehkan buka dengan kapasitas 100 persen pengunjung.

Akan tetapi, hal itu wajib dibarengi penerapan protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker. Berikut aturan lengkapnya:

  • Mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dan/atau kementerian/lembaga terkait
  • Wajib memakai masker dan menjaga protokol kesehatan serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan
  • Anak usia dibawah 12 (dua belas) tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama

Simak juga video 'Jokowi Tegaskan PPKM Akan Terus Berlanjut Sampai Covid-19 Terkendali 100%':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/kna)