Selasa, 24 Mei 2022 11:46 WIB

74 Persen Hepatitis Misterius di Dunia Positif Adenovirus, Bagaimana di RI?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Anak sakit Sebanyak 74 persen kasus hepatitis akut misterius di dunia positif adenovirus. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan dari total 614 pasien hepatitis misterius di dunia, sebanyak 74 persen positif adenovirus. Adenovirus diduga kuat sebagai salah satu penyebab dari penyakit tersebut.

"Adenovirus sebagai salah satu hipotesis penyebab hepatitis akut misterius disebabkan karena 74 persen dari total 614 yang terkena, positif adenovirus. Tapi, tidak semua adenovirus," beber Dante dalam rapat komisi kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (23/5/2022).

Terkait hal ini, Dante mengatakan para ahli kesehatan di dunia masih terus mendalami 74 persen strain adenovirus yang dialami pasien. Ini untuk memastikan secara klinis kasus diduga hepatitis misterius.

Selain adenovirus, hipotesis lain yang diduga menjadi penyebab hepatitis akut misterius yakni:

  • Disebabkan sindrom SARS-CoV-2 usai terinfeksi
  • Akibat pengaruh obat
  • Racun atau paparan lingkungan
  • Patogen baru yang belum diketahui
  • Varian baru SARS-CoV-2 yang mungkin muncul

Lalu, Bagaimana di Indonesia?

Menanggapi ini, Dante mengungkapkan sebanyak 14 kasus diduga hepatitis akut misterius yang ada di Indonesia belum ada yang terbukti teridentifikasi positif adenovirus.

"Pemeriksaan panel Adenovirus di Indonesia sedang kami lakukan. Sejauh ini, belum teridentifikasi (adenovirus)," kata dia, dikutip dari ANTARA, Selasa (24/5/2022).

Dante juga mengatakan bahwa 14 kasus di Indonesia tidak termasuk dalam 74 persen hepatitis misterius di dunia yang positif adenovirus.



Simak Video "Belum Ada Titik Terang Penyebab Hepatitis Akut Misterius Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)