Selasa, 24 Mei 2022 15:15 WIB

Hati-hati! Kemenkes RI Sebut Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Droplet

Vidya Pinandhita - detikHealth
3D illustration. Genetic test in test tube. Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage
Jakarta -

Seiring beredarnya kabar penyakit cacar monyet yang mewabah kini menular dari hubungan seks, Kementerian Kesehatan RI mengungkap sederet cara penularan penyakit cacar monyet. Di antaranya, melalui udara atau cipratan droplet.

Menurut Juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril, cacar monyet paling banyak menular melalui kontak erat dan sentuhan langsung, baik dengan manusia yang sedang sakit cacar monyet, atau dengan hewan monyet yang terpapar virus tersebut. Sentuhan dengan benda yang terpapar juga bisa menjadi cara penularan cacar monyet

"Penyebab utama itu mulai kontak langsung (atau) kontak erat dengan penderita atau hewan monyet yang sedang infeksi juga. Jadi kita memegangnya, kemudian kita juga menyentuh alat-alat sekitarnya, itu penyebaran utama," ujarnya dalam konferensi pers virtual 'Kasus Hepatitis Akut dan Cacar Monyet di Indonesia', Selasa (24/5/2022).

Ia menambahkan, ada juga kasus cacar monyet yang menular lewat udara atau cipratan droplet. Akan tetapi, penularan ini lebih kecil dibanding penularan lewat sentuhan, yakni hanya sebesar 18 persen.

"Kedua memang ada juga disinyalir penyebaran melalui droplet walaupun sedikit, sekitar 18 persen. Tentu saja ini menjadi catatan bagi kita untuk harus berhati-hati," beber dr Syahril.

"Cacar itu ada di mukosa-mukosa atau lendir di hidung atau daerah mulut sehingga kita bersin atau batuk pasien yang menderita cacar monyet itu akan dalam droplet tersebut," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Cacar Monyet yang Mewabah di Sejumlah Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)