Selasa, 24 Mei 2022 16:15 WIB

Lagi Trending, Berapa Sih Biaya Transplantasi Rambut?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Transplantasi rambut Biaya transplantasi rambut (Foto: Suci Risanti Rahmadania/DetikHealth)
Jakarta -

Berapa sih biaya transplantasi rambut? Mengingat treatment cangkok ini belakangan tengah menjadi tren di kalangan masyarakat dan selebriti lantaran bisa mengatasi rambut yang mundur, menipis, botak, hingga rusak.

Bahkan tak hanya mengatasi masalah rambut, cangkok ini juga bisa membentuk alis, hairline agar dahinya tidak lebar, hingga membentuk janggut.

"Lebih banyak ke arah mengatasi kebotakan. Tren ke arah sini lebih ke estetik, jadi dia membentuk hairline, ingin dahinya supaya ga lebar, mau ada alisnya, mau ada janggutnya," ucap dr Cintawati Farmanina, Mbio (AAM), dokter ahli transplantasi rambut saat ditemui di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).

Meskipun demikian, treatment ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan harus dilakukan dengan dokter khusus, berpengalaman, serta memiliki sertifikasi khusus transplantasi rambut. Pasalnya, jika dilakukan dengan cara asal-asalan, cangkok rambut bisa memicu efek samping seperti menyebabkan luka yang permanen di area kepala.

"Jika transplantasi rambut tidak dilakukan oleh ahlinya, maka hasilnya rambut tidak akan tumbuh secara natural dan sempurna, bahkan bisa menyebabkan bekas luka yang permanen di area kepala," kata wanita yang akrab dipanggil Farmanina.

"Berdasarkan pengalaman, sekitar 30 persen dari total pasien yang saya tangani ingin melakukan re-touch atau transplantasi rambut ulang karena kurang puas setelah melakukan transplantasi rambut di luar negeri. Selain itu, konsultasi pasca tindakan juga sangat terbatas karena memerlukan biaya yang besar untuk pergi ke luar negeri lagi," lanjutnya.

Lantas, berapa sih biaya transplantasi rambut di Indonesia?

dr Cintawati mengungkapkan bahwa biaya transplantasi rambut di Indonesia rata-rata sekitar 20 juta ke atas, tergantung dari jumlah rambut yang akan ditanamkan. Semakin banyak rambut yang ditanamkan atau dipindahkan, semakin mahal pula biaya yang harus dibayarkan.

"Range harga itu 20 (juta) ke atas ya, tergantung jumlahnya rambut yang akan ditanamkan. Jadi, rambut itu ceritanya dengan densitas, jadi semakin rapat, semakin bagus (indah), kelihatannya," kata dr Cintawati Farmanina.



Simak Video "Ini Saran dan Pantangan untuk Pasien Implan Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)