Rabu, 25 Mei 2022 17:29 WIB

Tak Bisa Disembuhkan, Yuk Kontrol Hipertensi dengan Pola Hidup Sehat!

Nada Zeitalini - detikHealth
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Hipertensi merupakan salah satu masalah kondisi kesehatan yang cukup dikenal dan banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Namun tak hanya menggunakan obat kimia, hipertensi disebut juga bisa diatasi oleh sayuran atau tanaman herbal seperti seledri, mentimun, hingga bawang putih.

Itu adalah tiga dari beberapa tanaman herbal yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah dan menyembuhkan penyakit hipertensi. Apakah benar efektif?

Hipertensi Tidak Bisa Sembuh

Mengutip Emedicine Health, penyakit hipertensi tidak bisa sembuh, bahkan perlu dikendalikan seumur hidup. Penanganan hipertensi pertama yang tepat adalah rutin memeriksakan tekanan darah dan berkonsultasi dengan dokter. Kemudian konsumsi obat dengan rutin bagi penderita yang diminta oleh dokter.

Prinsip 'mencegah lebih baik dari mengobati' tentu tidak pernah salah, apalagi untuk penyakit hipertensi yang tidak dapat disembuhkan ini. Cara terbaik mencegah hipertensi adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, diantaranya menjaga berat badan dalam kisaran normal, menjauhi rokok, rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu, menghindari stres, serta tidur yang cukup setiap malam.

Tak kalah penting, pola makan sehat juga tidak boleh terlupakan. Pola makan sehat dengan membatasi asupan garam dan lemak jahat sembari memperbanyak konsumsi buah dan sayur akan bermanfaat dalam mencegah hipertensi. Dalam membatasi konsumsi garam, cobalah lakukan beberapa tips di bawah ini:

- Batasi konsumsi makanan olahan karena relatif lebih tinggi garam, dan perbanyak konsumsi produk segar seperti buah dan sayur.

- Saat memasak, kurangi penggunaan garam dan gantikan dengan rempah-rempah yang dapat memberi tambahan rasa. Selalu coba makanan sebelum menambahkan saus atau garam agar tidak berlebihan.

- Selalu perhatikan label makanan sebelum membeli produk makanan. Pilih produk dengan kandungan garam atau sodium yang lebih rendah. Sebagai contoh, Tropicana Slim Shirataki Noodles dan Tropicana Slim Shirataki Rice yang tidak hanya lebih rendah garam namun juga rendah lemak dan tinggi serat. Dengan rasa yang enak, Tropicana Slim Shirataki Noodles hanya mengandung 100 Kalori per saji dan Tropicana Slim Shirataki Rice hanya mengandung 50 Kalori per saji.

- Hati-hati saat memilih saus, kecap, dan bumbu saat memasak karena umumnya tinggi garam. Anda bisa memilih alternatif saus, kecap, dan sambal yang rendah garam seperti Tropicana Slim Kecap Manis, Tropicana Slim Kecap Asin, Tropicana Slim Saus Tiram, dan Tropicana Slim Sambal Terasi.

Itulah informasi seputar hipertensi dan tips untuk melakukan pola hidup sehat. Untuk Anda penderita hipertensi, yuk mulai dari sekarang terapkan pola hidup sehat!



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hipertensi Tak Dikontrol"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)