ADVERTISEMENT

Rabu, 25 Mei 2022 18:00 WIB

Cantumkan Inisialnya di Organ Hati Pasien, Dokter Ini Akhirnya Dipecat

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
3D Illustration Concept of Human Internal Digestive Organ Liver Anatomy Cantumkan inisialnya di organ hati pasien, dokter ini akhirnya dipecat. Foto: Getty Images/iStockphoto/magicmine
Jakarta -

Seorang dokter ahli bedah di Inggris telah dihapus dari daftar resmi medis karena perbuatan isengnya. Dokter bernama Simon Bramhall tersebut ketahuan telah mencap inisial namanya di organ hati dua orang pasien.

Bramhall mengaku menggunakan mesin laser argon untuk mengecap inisialnya di hati pasien pada tahun 2013 saat bekerja di Rumah Sakit Queen Elizabeth di Birmingham. Prosedur operasi laser argon umumnya dipakai untuk menghentikan pendarahan.

Dikutip dari BBC pada Rabu (25/5/2022), Layanan Pengadilan Praktisi Medis (MPTS) mengatakan itu adalah tindakan yang lahir dari tingkat arogansi profesional. Tindakannya merusak kepercayaan masyarakat kepada tenaga medis.

Sebelumnya pada Desember 2020 Bramhall diskors dari profesinya setidaknya selama lima bulan, ia juga sempat mengajukan banding dan keringanan namun ditolak MPTS.

Meskipun tidak ada kerusakan fisik permanen, namun tindakan tak bertanggung jawab Bramhall dinilai sangat melukai emosi pasien.

"Pelanggaran berat Bramhall adalah terhadap kehormatan dan hak otonom pasiennya," ungkap MPTS.

Tindakan Bramhall terungkap ketika inisial namanya sebesar 1,6 inci (4 cm) ditemukan oleh dokter bedah lain. Hal ini terjadi karena hati pasien yang sebelumnya ditangani Bramball kesulitan untuk pulih sehingga inisial namanya masih terlihat jelas ketika ditangani dokter lain.



Simak Video "Fetish Kadang Bisa Berbahaya, Bagaimana Menyembuhkannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT