Jumat, 27 Mei 2022 13:30 WIB

Eks Ketua PP Muhammadiyah Buya Syafii Meninggal Dunia, Begini Riwayat Sakitnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Buya Syafii Maarif di kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Jumat (3/1/2020). Buya Syafii meninggal dunia. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Jakarta -

Salah satu ulama sekaligus mantan Ketua PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif meninggal dunia hari ini, Jumat (27/5/2022). Ia meninggal di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," kata Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam keterangan resminya, yang dikutip dari detikJateng.

Buya Syafii diketahui mengalami serangan jantung ringan sejak Maret lalu. Ia sempat menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah Gamping selama sekitar 2 pekan dan diperbolehkan pulang.

Ketika berada di rumah, Buya Syafii juga sempat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo pada Sabtu (26/3/2022) lalu. Saat itu, kondisi Buya Syafii sudah mulai membaik.

Namun, Buya Syafii kembali dilarikan ke rumahh sakit yang sama pada bulan Mei ini. Ia mengalami sesak napas, diduga berkaitan dengan serangan jantung yang sudah diidapnya sejak dua bulan lalu.

"(Dirawat) Sejak hari Sabtu (14/5) kemarin. Ya, (sakit) sesak napas," beber Direktur RS PKU Muhammadiyah Ahmad Faisol, Senin (16/5).

TERUSKAN MEMBACA DI SINI



Simak Video "Penjelasan Dokter soal Penyebab Buya Syafii Maarif Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)