Sabtu, 28 Mei 2022 19:01 WIB

Dikaitkan TikTokers Berhijab Pamer Payudara, Kenapa Viral Dulu Baru Minta Maaf?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Akun TikTok Aulia Salsa Marpaung yang menampilkan wanita berhijab pamer payudara (tangkapan layar) Foto: Akun TikTok Aulia Salsa Marpaung yang menampilkan wanita berhijab pamer payudara (tangkapan layar)
Jakarta -

Belakangan seorang wanita berhijab pemilik akun TikTok @babbyca666 menjadi sorotan publik, usai membagikan konten vulgar pamer payudara.

Setelah akunnya viral, wanita yang diketahui bernama Riski Aulia Marpaung (22) asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara itu menyampaikan permohonan maaf pada Jumat (27/5/2022) kemarin.

"Dengan ini saya menyatakan mau minta maaf sebesar-besarnya atas kekhilafan dan kesalahan saya," tulisnya dikutip dari detikSumut, Jumat (27/5).

Terlepas dari kasus video vulgar tersebut, permohonan maaf kerap datang usai aksinya viral menjadi perbincangan publik. Mengapa ya fenomena tersebut selalu terjadi?

Menurut psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center, wajar bila kata maaf seringnya baru muncul setelah kasus berakhir viral. Fenomena tersebut juga bisa muncul karena adanya beberapa faktor pendukung, seperti banyaknya tekanan dari luar.

"Dengan viral maka akan semakin banyak tekanan. Jika tidak tahan terhadap tekanan, tentu ini bisa mengubah perilaku," kata Rahma kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Menurut Rahma, peran teman, keluarga, hingga rekan yang bisa memberikan saran juga berpengaruh pada dorongan seseorang mengutarakan permohonan maaf setelah perbuatan yang dilakukannya viral.

"Dengan viral akan semakin banyak informasi yang masuk sehingga memungkinkan seseorang untuk memikirkan segala dampak dan konsekuensi dari perbuatannya," sambung Rahma.

"Bisa jadi ada banyak keluarga, sahabat, rekan yang memberi saran atau pendapat sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk mengambil keputusan," pungkas dia.

Saksikan Juga Sosok Minggu Ini: Ratnawati Sutedjo, Berdayakan Karya Disabilitas di Precious One

[Gambas:Video 20detik]



(any/naf)