Minggu, 29 Mei 2022 06:29 WIB

Round up

PDSI Klaim Setara dengan IDI Setelah dapat 'Restu' KKI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Audiensi PDSI dengan Konsil Kedokteran Indonesia. Foto: Dok PDSI
Jakarta -

Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) mengatakan telah melakukan audiensi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) untuk menyampaikan hal-hal terkait reformasi kesehatan sesuai visi-misi organisasi tersebut.

PDSI mengklaim Ketua KKI dr Putu Moda Arsana Sp.PD-KEMD, FINASIM menyambut baik kehadiran mereka yang memiliki visi misi mendorong inovasi anak bangsa dan bersaing secara global. Dalam kesempatan tersebut, dr Putu disebut mendukung kehadiran PDSI yang disebut sah dan legal menurut Undang-Undang.

"KKI juga mengakui PDSI sebagai organisasi profesi kedokteran yang setara dengan IDI," demikian klaim dalam keterangan tertulis PDSI yang diterima detikcom Sabtu (28/5/2022).

Hanya saja, tidak dijelaskan siapa yang mengungkap pernyataan tersebut. PDSI memang kerap mendorong adanya perubahan UU Praktik Kedokteran yang menyebut organisasi profesi dokter satu-satunya yang diakui adalah IDI dan POGI yakni dokter gigi.

Sejak awal dideklarasikan pada 27 April lalu, PDSI memang mengakui terpisah dari IDI. Pihak PDSI mengatakan organisasinya merupakan wadah untuk para dokter yang mau berinovasi untuk Indonesia dan dunia.

Saksikan Juga Sosok Minggu Ini: Ratnawati Sutedjo, Berdayakan Karya Disabilitas di Precious One

[Gambas:Video 20detik]



(kna/kna)