ADVERTISEMENT

Senin, 30 Mei 2022 10:00 WIB

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sejumlah minimarket di DKI Jakarta mulai menutupi pajangan produk rokok. Namun ada juga yang tetap membuka displaynya di tengah pro-kontra larangan memajang bungkus rokok. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) diperingati pada tanggal 31 Mei setiap tahun. Tujuan dari peringatan tersebut untuk meningkatkan kesadaraan masyarakat tentang efek bahaya dari konsumsi rokok atau tembakau.

Sebagai informasi, tembakau dan segala jenis rokok termasuk rokok konvensional maupun elektrik sangat berbahaya bagi tubuh. Aktivitas ini tidak hanya mengancam kesehatan diri sendiri, tetapi juga kesehatan keluarga, teman, dan orang sekitar.

Kebiasaan merokok tidak hanya jadi masalah pada orang dewasa tetapi juga marak di kalangan anak-anak dan remaja. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya prevalensi merokok di populasi usia 10-18 tahun.

Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dikutip dari halaman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), terdapat peningkatan prevalensi merokok penduduk umur 10 tahun dari 28,8 persen pada tahun 2013, menjadi 29,3 persen pada tahun 2018. Oleh karena itu, perayaan ini menjadi momentum yang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Simak informasi Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 berikut ini.

Tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 mengangkat tema "Tobacco: Threat To Our Environment" yang artinya "Tembakau: Ancaman Terhadap Lingkungan Kita", merupakan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang efek bahaya dari konsumsi rokok dan paparan asap rokok terhadap lingkungan.

Dikutip dari buku Panduan Pelaksanaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022, tema tersebut dianggap relevan untuk menjawab tantangan terbesar di bidang kesehatan masyarakat dan isu lingkungan hidup. Juga, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat tentang dampak lingkungan dari tembakau, seperti penanaman, produksi, distribusi, dan limbah, sehingga memberikan satu alasan tambahan bagi perokok untuk berhenti merokok.

Sejarah Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Hari Tanpa Tembakau Sedunia pertama kali ditetapkan oleh WHO pada tahun 1987. Penetapan ini dilakukan untuk menarik perhatian global pada epidemi tembakau dan kematian serta penyakit yang ditimbulkan dari tembakau.

Sebelumnya, WHO menetapkan resolusi WHA40.38 dan menyerukan tanggal 7 April 1988 sebagai 'Hari Tidak Merokok Sedunia". Pada saat itu, tanggal tersebut bertepatan dengan ulang tahun ke-40 WHO.

'Hari Tidak Merokok Sedunia' diperkenalkan sebagai tujuan untuk mendesak para pecandu tembakau agar tidak merokok selama 24 jam, yang diharapkan dapat mendorong mereka untuk berusaha berhenti merokok selamanya.

Satu tahun kemudian, terjadi perubahan. Pada resolusi WHA42.19, setiap tanggal 31 Mei diperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Sejak saat itu WHO terus mengkampanyekan peringatan tersebut setiap tahunnya dengan tema-tema yang berbeda.

Twibbon Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022

Selain puasa merokok, jangan lupa untuk turut meriahkan dengan memasang aneka macam twibbon lucu di media sosial. Berikut link Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 yang bisa digunakan.

  1. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022
  2. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022
  3. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022
  4. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022
  5. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022
  6. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022
  7. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022
  8. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022
  9. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022
  10. Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022

Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022!



Simak Video "Kemenkes Ungkap Uang Belanja Rokok Lebih Tinggi Daripada Makanan Bergizi"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT