Senin, 30 Mei 2022 12:02 WIB

Marshanda Idap Tumor Payudara, Kenali Bedanya dengan Kanker Payudara

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Marshanda mengalami penurunan berat badan setelah diet. Marshanda idap tumor payudara, kenali bedanya dengan kanker payudara (Foto: Instagram/@marshanda99)
Jakarta -

Marshanda membagikan kabar mengejutkan terkait kondisi kesehatannya. Melalui kanal YouTube pribadinya, ia mengatakan sedang mengidap tumor payudara.

Dalam videonya tersebut, terlihat Marshanda sesekali menahan tangis saat mengungkapkan kondisinya. Ia mengaku sudah mengidap tumor payudara selama satu tahun terakhir dan tengah menjalani perawatan di Singapura.

"Gue harus tetap bahagia sampai gue tahu apa rencana Yang Maha Kuasa dengan kasih gue tumor payudara," kata Marshanda di awal video.

Benjolan pada payudara kerap dikaitkan dengan penyakit kanker payudara. Meski demikian, tidak semua benjolan di payudara bersifat kanker dan mematikan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut perbedaan tumor payudara dan kanker payudara yang perlu diketahui.

Kecepatan Pertumbuhan

Tumor payudara umumnya tidak berkembang dengan cepat dan ukurannya relatif sama dari waktu ke waktu. Benjolan ini bisa saja hilang saat periode haid berlalu dan dapat muncul pada periode haid berikutnya.

Sementara kanker payudara, pada awalnya benjolan berukuran kecil. Namun seiring berjalannya waktu, ukurannya bisa menjadi besar dan menonjol

Rasa Nyeri

Perbedaan tumor dan kanker payudara dapat terlihat dari ada tidaknya sensai nyeri ketika benjolan dipegang. Tumor payudara umumnya tidak terasa nyeri, berbeda dengan kanker yang bisa menimbulkan rasa nyeri.

Tepi Benjolan

Pada benjolan tumor jinak payudara bila diraba, akan terlihat jelas bentuk dan tepiannya. Sedangkan kanker payudara, biasanya tepinya tidak jelas dan permukaan benjolannya tidak halus atau rata.

Posisi Pergerakan Benjolan

Benjolan tumor jinak payudara umumnya hanya ada di satu tempat dan tidak menyebar ke jaringan sekitar, sehingga benjolan bisa bergerak ke kiri ataupun kanan. Ini menunjukkan bahwa tumor tidak melekat pada tulang ataupun jaringan lain di sekelilingnya.

Sementara pada kanker payudara yang pertumbuhannya menyebar dan menginvasi jaringan sekitar serta melekat, benjolan tidak bisa digerakan ke kanan dan kekiri.

Beberapa tanda ini dapat membantu membedakan mana benjolan yang kemungkinan tumor jinak dan mana yang patut diwaspadai sebagai kanker.



Simak Video " Awal Mula Marshanda Idap Tumor Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(any/kna)