ADVERTISEMENT

Selasa, 31 Mei 2022 07:04 WIB

Ketum Tegaskan Pengurus PDSI Belum Keluar dari IDI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi kembali menegaskan hingga kini belum ada satupun anggota yang menyatakan keluar dari organisasi profesi. Termasuk sejumlah pengurus di Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Ia mengaku belum menerima laporan dari IDI cabang dan beberapa pengurus PDSI.

"Jadi sampai sekarang belum ada secara tertulis laporan beliau-beliau (pengurus PDSI) tersebut yang menyatakan keluar dari IDI," beber dr Adib dalam siaran langsung @PBIDI, dikutip Selasa (31/5/2022).

"Itu artinya dia masih punya hak dan kewajiban mematuhi tata laksana organisasi AD ART, termasuk etika," sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDSI Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyanto menegaskan dokter yang masuk ke organisasi mereka wajib keluar dari organisasi manapun termasuk IDI.

Adib kemudian menyinggung perbedaaan IDI dengan organisasi lain. PDSI dalam hal ini, disebut Adib termasuk organisasi masyarakat, bukan organisasi profesi dokter sebagaimana yang tercantum dalam UU Praktik Kedokteran No 29 Tahun 2004.

"Satu perbedaan yang paling mendasar, apakah organisasi itu bisa memberikan kewenangan seperti organisasi profesi?," jelas dr Adib.

Sementara terkait 'pemecatan' Terawan Agus Putranto, Adib menekankan hal tersebut sudah diproses dan disampaikan langsung kepada yang bersangkutan. Adapun keputusan izin praktik selanjutnya menjadi kewenangan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT