ADVERTISEMENT

Selasa, 31 Mei 2022 09:55 WIB

Deretan Rumor Putin yang Bikin Geger, Kena Kanker hingga Meninggal Dunia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Russian President Vladimir Putin greets people after his speech at the concert marking the eighth anniversary of the referendum on the state status of Crimea and Sevastopol and its reunification with Russia, in Moscow, Russia, Friday, March 18, 2022. (Ramil Sitdikov/Sputnik Pool Photo via AP) Sederet rumor terkait kesehatan Vladimir Putin. (Foto: AP/Ramil Sitdikov)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin tengah diterpa sejumlah rumor terkait kesehatannya. Ia dikabarkan sakit kanker, mengalami kebutaan, hingga meninggal dunia.

Baru-baru ini, seorang perwira intelijen Rusia menyebut akibat kanker tersebut, masa hidup Putin diklaim kemungkinan tersisa tiga tahun.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah isu kesehatan yang menerpa Putin:

Sakit Kanker

Dikutip dari News.com.au, Putin dilaporkan menderita kanker ganas. Ia juga disebut mulai kehilangan penglihatannya dan hanya memiliki waktu tiga tahun lagi untuk hidup.

"Dia memiliki waktu tidak lebih dari dua hingga tiga tahun untuk tetap hidup," kata sumber tersebut, dikutip dari News.com.au, Senin (30/5/2022).

"Kami diberitahu bahwa dia mengidap sakit kepala dan ketika dia muncul di TV, dia membutuhkan selembar kertas dengan semua yang ditulis dalam huruf besar untuk membaca apa yang akan dia katakan," sambungnya.

Agen Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengungkap penglihatan Putin benar-benar mengalami perburukan yang serius, sehingga harus melihat kalimat dalam tampilan yang cukup besar.

"Dan tubuhnya sekarang juga gemetar tak terkendali," kata agen FSB yang tidak disebutkan namanya.

Mengidap Penyakit Parkinson

Kondisi tersebut mendukung rumor bahwa Putin mengidap penyakit Parkinson. Hal ini diungkapkan oleh mantan politikus Inggris, Louise Mensch.

"Putin mengidap penyakit Parkinson. Dapat dilihat ia mencengkram meja sebagai upaya agar tangannya yang gemetar tidak terlihat, tetapi kakinya yang mengetuk ujung meja tidak bisa ditutupi," tulis Mensch.

Sementara itu, politikus asal Rusia Valery Solovei membeberkan teori bahwa Putin memang menderita Parkinson, hingga perlu menjalani operasi darurat.

"Penyakit pertama yang diderita bersifat psiko-neurologis, sementara lainnya masalah kanker. Tetapi, saya bukan dokter dan saya tidak punya hak etis untuk mengungkapkan masalah ini," katanya.

Disebut Meninggal Dunia

Rumor lainnya juga menyebut bahwa Putin sudah meninggal dunia. Kepala intelijen Inggris percaya bahwa Putin sebenarnya telah meninggal dunia.

"Ada kemungkinan dia sudah mati," kata sebuah sumber intelijen yang dikutip dari Daily Star, Senin (31/5/2022).

"Putin sakit parah dan ketika dia meninggal, kematiannya akan dirahasiakan selama berminggu-minggu, jika tidak berbulan-bulan," tambahnya.

Simak Video 'Menlu Rusia Bantah Kabar Masa Hidup Putin Tinggal 3 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT