ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 11:10 WIB

Menkes Tanggapi Temuan Penyakit Misterius Diduga dari Tikus di DKI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Heboh delapan warga DKI Jakarta disebut terjangkit penyakit misterius yang berasal dari tikus. Kasus ini dilaporkan terjadi di RT O8 RT 10 di RW 02 Kelurahan Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

Terkait hal tersebut, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut pihaknya telah mendapatkan laporan dan masih menelusuri penyebab pasti wabah tersebut.

"Sudah terinfo, tapi kita lagi double cek karena belum tentu benar. Seperti kemarin, hepatitis, ternyata kebanyakan karena demam berdarah," bebernya saat dijumpai di daerah Cikarang, Jawa Barat, Kamis (2/6/2022).

Dihubungi terpisah, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Dr dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS menduga kasus ini mengarah ke leptospirosis yakni infeksi akut yang disebabkan bakteri Leptospira sp, penularan terjadi lewat lingkungan air, tanah becek, atau lumpur yang mengandung bakteri tersebut.

Namun ada juga dugaan demam dengue karena pasien yang terjangkit mengalami demam.

"Masih sementara dilakukan penyelidikan epidemiologi tim Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Info awal tadi tim penyelidikan epidemiologi ternyata 8 orang tadi gejalanya mengarah ke chikungunya atau DBD bukan leptospirosis," sebut Maxi.



Simak Video "WHO Laporkan Penularan Covid-19 di DKI Jakarta Sangat Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT