Jemaah Haji Diminta Waspadai Risiko Heat Stroke, Kenali Tanda-tandanya

ADVERTISEMENT

Jemaah Haji Diminta Waspadai Risiko Heat Stroke, Kenali Tanda-tandanya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 02 Jun 2022 19:46 WIB
Almahmudah Manasik Training Center kerap jadi tujuan untuk mempersiapkan diri ke Tanah Suci. Di sana pengunjung diedukasi mengenai cara ibadah haji dan umrah.
Jemaah haji diminta waspadai risiko heat stroke, kenali tanda-tandanya. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Heat stroke atau serangan panas menjadi sorotan utama imbauan Kemenkes RI kepada jemaah haji dan petugas haji tahun ini. Dilansir dari laman resmi Kemenkes RI, tahun ini diperkirakan suhu udara di Arab Saudi meningkat jadi sekitar 50 derajat celcius saat puncak haji Juni-Juli mendatang.

Kepala kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, dr Muhammad Imran, pada rapat koordinasi tim PPIH Bidang Kesehatan, Kamis (26/5/2022), menggambarkan kondisi sebelum orang dinyatakan mengalami heat stroke. Tanda pertamanya adalah heat exhaustion yang ditandai dengan rasa sakit kepala, keringat berlebihan, kulit terlihat pucat, lembab, terasa dingin, nafas cepat, mual, serta nyeri otot.

"Jangan sampai mereka tidak menyadari bahwa sudah masuk dalam tahapan heat exhausted. Mereka harus mengenali gejala heat exhausted. Seperti pusing, mual terutama pada saat aktifitas di luar ruangan," ujarnya dikutip dari laman resmi Kemenkes, Kamis (2/6/2022).

Kondisi yang lebih parah, saat orang sudah mengalami tahap heat stroke atau serangan panas. Merupakan kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas karena tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan.

Dikutip dari Mayo Clinic berikut ini tanda-tanda seseorang mengalami Heat Stroke:

Suhu Tubuh Tinggi

Ini adalah tanda utama dari heat stroke. Suhu tubuh meningkat hingga 40 derajat celcius atau lebih dari itu.

Perubahan Kondisi Mental dan Perilaku

Heat stroke juga dapat membuat seseorang berada dalam kondisi linglung, bicara menjadi cadel, kejang, hingga koma. Semua disebabkan serangan panas pada tubuh.

Perubahan Keringat

Saat terkena heat stroke akibat cuaca panas, kulit akan mengering dan permukaanya terasa panas. Jika heat stroke akibat berolahraga berat, kulit akan kering dan sedikit lembab.

Mual Muntah dan Kulit Memerah

Mual hingga muntah menjadi tanda lain ketika seseorang terpapar suhu yang sangat panas. Kulit akan memerah dari biasanya karena sengatan cuaca panas.

Sakit Kepala dan Detak Jantung Cepat

Kepala akan terasa sakit dan berdenyut. Selain itu denyut nadi meningkat secara signifikan karena serangan panas menempatkan beban yang luar biasa pada jantung untuk membantu mendinginkan tubuh.

Napas Jadi Cepat

Bernapas jadi terganggu dengan pola yang cepat. Selain itu hirupan napas juga pendek dan cepat.



Simak Video "Ini Daftar Vaksin yang Diakui Arab Saudi untuk Syarat Naik Haji"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT