Jumat, 03 Jun 2022 10:00 WIB

Waspadai Ruam Kulit Bisa Jadi Gejala Kanker Payudara

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi payudara bengkak Gejala kanker payudara. Ilustrasi payudara (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada sejumlah gejala kanker payudara yang harus diwaspadai masyarakat. Selain muncul berupa benjolan di sekitar payudara, kanker ini juga bisa memicu ruam kulit.

Sebagai informasi, ruam sebenarnya bisa muncul di mana saja, termasuk di payudara. Beberapa jenis ruam umumnya bisa menghilang dengan sendirinya, namun ada juga yang sampai membutuhkan perawatan.

Ruam kulit yang muncul di payudara bisa menimbulkan rasa khawatir. Meskipun jarang terjadi, ruam kulit bisa menandakan sebagai gejala kanker payudara. Sayangnya, gejala ruam pada payudara kerap disepelekan, sehingga penyakit yang mematikan ini bisa berkembang dengan cepat. Berikut informasi lengkapnya.

Gejala Kanker Payudara

Dikutip dari Medical News Today, Jumat (3/6/2022), kanker payudara inflamasi (IBC) merupakan bentuk kanker langka yang salah satunya ditandai oleh ruam atau iritasi kulit. Kanker payudara jenis ini bisa berkembang dengan cepat dan cenderung ganas atau agresif.

Selain ruam kulit, berikut gejala kanker payudara yang juga harus diwaspadai.

Pembengkakan payudara
Penebalan kulit pada payudara
Tonjolan kecil atau lekukan yang terlihat seperti kulit jeruk
Perubahan warna kulit
Nyeri, nyeri tekan, atau gatal
Perasaan hangat atau berat di satu payudara
Perubahan puting, seperti inversi, perataan, atau lesung pipi

Penyebab Ruam Gejala Kanker Payudara

Pada pengidap IBC, sel kanker dapat memblokir pembuluh getah bening sehingga menyebabkan peradangan pada kulit. Mungkin tidak memicu gejala berupa benjolan dan juga tak muncul pada mammogram atau tes pemindaian untuk menangkap gambar jaringan payudara.

Selain itu, kanker payudara inflamasi atau IBC ini biasanya tak memiliki gejala yang jelas sampai muncul perubahan kulit. Apabila hal ini terjadi, pengidap harus segera mendapatkan perawatan intensif. Beberapa ahli menganggap IBC setidaknya merupakan kanker yang sudah memasuki stadium 3 saat diagnosis, bahkan bisa jadi stadium 4.

Pengobatan Ruam Gejala Kanker Payudara

Bentuk pengobatan yang umum meliputi:

  • Kemoterapi untuk mengecilkan kanker
  • Operasi untuk mengangkat kanker
  • Terapi radiasi
  • Terapi hormon
  • Seorang dokter akan memberi tahu orang-orang tentang rencana perawatan yang paling sesuai.

Sebelum memulai perawatan, seseorang harus berbicara dengan dokter tentang kemungkinan efek samping, termasuk ruam payudara.



Simak Video "Pengobatan Pasien Kanker Payudara Tergantung Tingkat Stadium"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)