ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jun 2022 12:01 WIB

Tes Urine Gitaris Kahitna Positif Benzo, Narkoba Jenis Apa Itu?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Andrie Bayuajie gitaris kahitna Gitaris Kahitna Andrie Bayuajie. (Foto: dok. Instagram Andrie Bayuajie)
Jakarta -

Gitaris Kahitna, Andrie Bayuajie ditangkap polisi terkait penyalahgunaan narkoba. Hasil tes menunjukkan Andrie Bayuajie positif Benzodiazepine.

"Hasil tes yang bersangkutan positif Benzodiazepine," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan, Jumat (3/6/2022).

Benzodiazepine atau Benzo adalah obat penenang yang biasanya digunakan dalam pengobatan gangguan kecemasan atau serangan panik. Spesialis kejiwaan dr Tribowo T Ginting, SpKJ (K), dari RSUP Persahabatan Jakarta beberapa waktu lalu sempat menjelaskan bahwa benzodiazepin diberikan kepada pasien yang terdiagnosis gangguan kejiwaan dan mengalami gangguan kecemasan, kejang, atau insomnia.

Saat dikonsumsi, benzodiazepine dapat menyebabkan perasaan nyaman dan memiliki efek mengantuk. Sebenarnya jika digunakan dalam dosis yang tepat, obat ini sebenarnya tidak memberikan efek halusinasi pada penggunanya.

"Pemberian benzodiazepine harus sesuai indikasi. Artinya pasien harus diwawancara, diperiksa, dan dieksplorasi mengenai keluhan dan gejalanya," jelas dr Tribowo.

Ketika digunakan sesuai resep dokter, benzodiazepine relatif aman. Namun bila benzodiazepin digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain atau alkohol itu bisa menyebabkan kematian.

Dikutip dari Medical News Today, pada beberapa kasus, orang menyalahgunakan benzodiazepin untuk mendapatkan efek 'high' atau untuk membantu menurunkan efek dari stimulan seperti amfetamin atau kokain.

Penggunaan jangka panjang benzodiazepine mungkin memiliki efek yang sama pada otak seperti alkohol, efeknya termasuk:

  • depresi
  • kecemasan
  • gangguan stres pasca-trauma (PTSD)
  • episode maniak
  • psikosis
  • gangguan tidur
  • disfungsi seksual

Simak Video 'Musisi Terkenal Ditangkap Polisi karena Kasus Narkoba':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT