Jumat, 21 Jan 2022 13:30 WIB

Ardhito Pramono Rehab 6 Bulan, Harus Apa Biar Tidak Kambuh Lagi?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ardhito Pramono Ardhito Pramono direhabilitasi 6 bulan di RSKO Cibubur, Jakarta Timur. Foto: Hanif/detikHOT
Jakarta -

Musisi Ardhito Pramono bakal menjalani enam bulan rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur. Ia optimistis bakal sembuh dari ketergantungan pada narkoba. Lantas dari sisi medis, apa yang harus diupayakan agar ketergantungan pada narkoba tak kambuh?

"Aamiin, insyaallah (sembuh)," kata Ardhito di Polres Metro Jakarta Barat, dikutip dari detikNews, Jumat (21/1/2022).

Kepada detikcom, dokter jiwa dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr Zulvia Oktanida Syarif, SpKJ, menjelaskan kecanduan narkoba termasuk kategori gangguan penggunaan zat (substance use disorder). Kondisi tersebut merupakan salah satu jenis gangguan mental.

Sama seperti penyakit kronis lainnya, ketergantungan pada narkoba memerlukan terapi agar tidak kambuh lain waktu. Tanpa terapi dan pola hidup yang baik, terdapat risiko kerusakan organ dan penyakit lebih berat.

"Adiksi adalah suatu gangguan otak yang kronis dan kambuhan. Sama seperti penyakit kronis lainnya seperti diabetes melitus dan hipertensi, ketika tidak diterapi dan tidak menjaga pola hidup yang baik, dapat terjadi kekambuhan gejala (misalnya gula darah naik, tekanan darah naik), sehingga mengakibatkan kerusakan organ dan timbul penyakit yang lebih berat," terangnya melalui email pada detikcom, Jumat (21/1/2022).

"Demikian pula dengan adiksi. Ketika sudah direhabilitasi, seorang pecandu tidak dinyatakan sembuh (penyakitnya hilang), tetapi dinyatakan pulih (penyakitnya terkendali)," sambung dr Zulvia.

Agar ketergantungan tidak kambuh, terdapat langkah-langkah terapi yang perlu dilakukan. Di antaranya aftercare treatment dan counseling, gaya hidup baru yang lebih baik, serta antisipasi relapse atau kekambuhan.

dr Zulvia menambahkan, terdapat sejumlah faktor yang kerap membuat seorang pecandu kambuh atau kembali mengonsumsi narkoba, di antaranya:

  • Kembali ke lingkungan sosial yang erat dengan penggunaan narkoba
  • Tidak adanya aktivitas pengalih atau alternatif lain sebagai pengganti aktivitas memakai narkoba
  • Tidak menjalani konseling lanjutan
  • Tidak mempelajari cara mengatasi stres (sehingga jika ada stres kehidupan, maka akan kembali ke narkoba)


Simak Video "Bagaimana Cara Menangani Gangguan Bipolar?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)