ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jun 2022 18:15 WIB

Perut Kembung: Kenali Penyebab, Gejala, hingga Pengobatan Rumahannya

Rosiana Muliandari - detikHealth
Ilustrasi Perut Kembung Penyebab perut kembung, gejala, dan pengobatannya. (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Perut kembung adalah perasaan sesak, tertekan, atau penuh di bagian perut yang juga mungkin dapat disertai dengan perut yang terlihat buncit atau bengkak.

Perasaan penuh atau kencang tersebut dapat berkisar dari sedikit tidak nyaman hingga sangat menyakitkan. Biasanya, perut kembung akan hilang setelah beberapa saat, tapi bagi sebagian orang, ini adalah masalah yang berulang.

Penyebab Perut Kembung

Dikutip dari laman resmi Johns Hopkins Medicine, penyebab perut kembung yang paling umum adalah sembelit. Seseorang yang mengalami sembelit mungkin tidak menyadarinya, karena buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya hanyalah salah satu gejala sembelit.

Selain sembelit, penyebab lain kembung adalah sebagai berikut:

  • Sensitivitas usus: Orang dengan sindrom iritasi usus besar, atau irritable bowel syndrome (IBS), dapat menjadi sangat sensitif terhadap gas, dapat menyebabkan rasa sakit, kram, dan diare.
  • Small intestinal bacterial overgrowth (SIBO): Orang yang telah menjalani operasi usus dan/atau IBS dengan diare lebih mungkin mengalami SIBO, yang dapat menyebabkan kembung.
  • Gastroparesis: Kondisi ini menyebabkan pengosongan lambung tertunda, yang dapat menyebabkan kembung, mual, dan bahkan penyumbatan usus.
  • Kondisi ginekologi: Terkadang, masalah dengan ovarium atau rahim dapat menyebabkan kembung.

Tidak hanya itu, seperti dikutip dari WebMD, kebiasaan makan yang buruk juga menjadi penyebab umum perut kembung, seperti terlalu banyak makan (overeating), terlalu sering mengonsumsi makanan yang berlemak, atau makan terlalu cepat.

Gejala Perut Kembung

Rasa 'penuh' atau kencang pada perut menjadi gejala utama dari perut kembung. Selain itu, seperti dikutip dari laman NHS UK, beberapa gejala lainnya yang mungkin dirasakan adalah rasa sakit atau tidak nyaman di perut, perut keroncongan, dan kentut lebih dari biasanya.


Pengobatan Rumahan untuk Perut Kembung

Untungnya, perut kembung dapat diatasi dengan mudah tanpa bantuan dari dokter. Meski begitu, disarankan untuk tetap pergi ke dokter jika perut kembung disebabkan oleh masalah medis lainnya.

Dikutip dari Cleveland Clinic, beberapa pengobatan rumahan untuk perut kembung yang dapat dicoba adalah:

Teh herbal

Teh peppermint, chamomile, jahe, kunyit dan adas dapat membantu pencernaan dan membantu proses gas.

Kapsul minyak peppermint

Ini adalah antispasmodik alami, membantu otot-otot usus rileks dan dapat membantu mengeluarkan kotoran dan gas yang terperangkap.

Antasida

Jenis obat ini telah terbukti meredakan peradangan pada saluran pencernaan dan membantu mengeluarkan gas dengan lebih mudah.

Probiotik

Makanan atau suplemen dengan probiotik dapat membantu melengkapi atau menyeimbangkan kembali bakteri usus dan beberapa akan membantu Anda mencerna makanan dengan lebih baik.

Magnesium

Suplemen dengan magnesium dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengendurkan otot usus karena memiliki efek pencahar alami.

Pencegahan Perut Kembung

Perut kembung dapat dicegah dengan mempraktikkan gaya hidup yang baik, seperti dengan cara memilih mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat. Rincinya, beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi serat yang cukup
  • Tidak lupa untuk minum air putih yang cukup
  • Berolahraga
  • Hindari makanan olahan
  • Makan dengan hati-hati seperti dengan mengunyah perlahan-lahan dan berhenti sebelum terlalu kenyang
  • Ketahui dan hindari makanan dengan bahan yang membuat perut tidak nyaman


Simak Video "HUT ke-77 RI, Epidemiolog Apresiasi Pengendalian Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT