ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Mar 2022 06:30 WIB

Perut Kembung? Atasi dengan 4 Kebiasaan Sehat Ini

Patrick - detikHealth
sakit perut Perut kembung (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Perut kembung adalah suatu kondisi saat perut terasa penuh dan tidak nyaman. Kondisi ini sangat umum terjadi dan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakannya. Namun, periksakan diri ke dokter merasa gejalanya tidak kunjung hilang.

Perut kembung biasanya ditandai dengan adanya tekanan dari dalam perut, sehingga timbul 'rasa kepenuhan'. Perut kembung juga tidak disertai dengan tampilan perut yang terlihat buncit. Kondisi ini menyebabkan rasa yang tidak nyaman hingga bisa sangat menyakitkan.

Perut kembung biasanya hilang setelah beberapa saat, tetapi bagi sebagian orang, kondisi ini menjadi masalah yang berulang. Masalah pencernaan dan fluktuasi hormon dapat menyebabkan perut kembung.

Cara Mencegah Perut Kembung

Dikutip dari Cleveland Clinic, ada cara mudah untuk mencegah perut kembung dengan merubah pola makan atau gaya hidup.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam mencegah perut kembung, yaitu:

1. Makan makanan berserat

Jika tidak pernah mengonsumsi makanan berserat, maka ubah pola makanan mulai dari sekarang untuk cegah perut kembung. Walau serat akan menyebabkan tubuh memproduksi banyak gas, tetapi serat juga akan membantu membersihkan kotoran fermentasi yang tersangkut di sana. Serat juga memberitahu tubuh untuk minum lebih banyak air, dan itu membuat seseorang merasa lebih cepat kenyang sehingga tidak akan makan terlalu banyak. Pada akhirnya, serat adalah prebiotik yang berguna bagi bakteri baik di usus.

2. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih akan mendorong motilitas di sepanjang saluran pencernaan dan menjaga agar makanan yang dicerna tidak menjadi terlalu keras dan padat untuk dilewati. Air juga membantu seseorang merasa kenyang.

3. Olahraga yang cukup

Olahraga membantu mencegah retensi air dan membuat usus agar tetap bergerak. Kebiasaan ini juga dapat membantu mencegah kenaikan berat badan. Rajin berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu dapat cegah perut kembung.

4. Hindari makanan olahan

Makanan olahan mengandung rendah serat serta tinggi garam dan lemak. Garam menyebabkan retensi air, dan lemak memperlambat proses pencernaan karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Semua hal ini dapat menyebabkan sembelit dan perut kembung. Makanan olahan juga rendah nutrisi, sehingga akan membuat seseorang merasa lebih lapar bahkan setelah mengonsumsi banyak kalori.



Simak Video "Ini Bahaya Jika Makan Terlalu Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT