ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jun 2022 19:00 WIB

Satgas Waswas COVID-19 Melonjak Lagi, RI Belum Bebas Varian Baru Corona?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vakinasi massal lanjutan atau dosis ketiga mulai gencar dilakukan. Salah satunya di Kota Bekasi, tepatnya di Stadion Patriot Candrabhaga. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Meski hingga kini Indonesia terpantau tak mengalami lonjakan kasus COVID-19, Satgas Penanganan COVID-19 masih waswas soal potensi kenaikan kasus imbas varian Corona baru. Sorot pandemi COVID-19 belum selesai meski titik kritis di Indonesia sudah terlewati, seperti apa sorotan Satgas perihal potensi lonjakan kasus COVID-19?

"Terselenggaranya kegiatan berskala internasional tanpa adanya kenaikan kasus yang signifikan menunjukkan resiliensi Indonesia dalam beradaptasi dengan COVID-19 dan tetap mampu melaksanakan kegiatan dengan tetap aman COVID-19," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/6/2022).

"Tentunya ini tidak lepas dari peran seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah yang disiplin dan terus melanggengkan protokol kesehatan meskipun masa kritis pandemi sudah kita lewati," sambungnya.

Meski titik kritis pandemi COVID-19 di Indonesia sudah terlewati, Prof Wiku menegaskan Indonesia belum bebas dari risiko kembalinya lonjakan kasus COVID-19. Pasalnya, masih terdapat risiko munculnya varian baru virus Corona.

"Pandemi ini secara global belum usai. Artinya, tetap ada kemungkinan untuk di waktu yang akan datang terjadi kembali kenaikan kasus terlebih masih ada ancaman varian-varian baru COVID-19," pungkas Prof Wiku.



Simak Video "Menkes Budi Beberkan Penyebab Kasus Covid-19 Global Naik Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT