ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 10:33 WIB

Wanita 21 Tahun Stroke-Koma Gegara Begadang, Pakar Ingatkan Bahaya Kurang Tidur

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Viral wanita mengalami stroke di usia muda Foto: Tangkapan layar: SS Viral
Jakarta -

Viral di TikTok seorang wanita yang mengaku terkena stroke di usia muda karena sering begadang. Pemilik akun @Olsza Lauuu menceritakan dirinya dirawat di rumah sakit akibat pendarahan di pembuluh dara otak yang menyebabkan dia stroke.

"Guys ini foto aku pas lagi ulang tahun dan di RS, posisinya abis koma, kenapa koma? Karena di pembuluh darah otakku itu ada perdarahan, jadi ada stroke," cerita dia, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan Senin (6/6/2022).

Olsza menyatakan, pemicu utamanya akibat terbiasa begadang hingga baru tidur selesai salat subuh. Ia merasa lebih produktif jika melakukan aktivitas atau pekerjaan di malam hari.

"Cuma karena merasa kalau malam tuh aku lebih produktif, aku gitu terus semenjak mulai pandemi sampai 2021 kemarin, dan akhirnya aku drop masuk ICU, koma," sambungnya.

Pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, menegaskan masyarakat Indonesia masih sering menganggap tidur kemalasan atau tidak produktif. Justru menurutnya begadang atau memaksa diri untuk tidak tidur awal dari segala penyakit.

"Kesehatan itu bukan cuma dari makan dan olahraga, paling dasar itu cukup tidur. Jika begadang ya berantakan semua, olahraga jadi bahaya mau produktif juga justru jadi menurun performanya," Ujarnya dihubungi detikcom, Senin (6/6).

dr Andreas menyatakan bahwa kurang tidur membuat umur makin pendek karena bahaya yang mengintai jika rajin begadang. Berikut ini efek bahaya dari sering begadang menurut dr Andreas:

Performa Otak Menurun

Menurut dr Andreas begadang bisa menyebabkan konsentrasi seseorang menurun. Begitu tidur terganggu maka kesehatan dan performa otak juga terganggu.

"Konsentrasi otak menurun karena otak dijaga saat tidur. Percuma begadang buat nugas tapi ujungnya kan dipaksa sampai batas ngantuk, ya itu karena konsentrasi pasti turun saat lama begadang," ujarnya.

Kecelakaan Kerja

Sering begadang bisa menimbulkan kantuk saat melakukan aktivitas pekerjaan. Paling berbahaya kantuk ini bisa menyebabkan kecelakaan kerja.

"Ngantuk lebih bahaya dari mabuk, orang yang ngantuk karena begadang sangat berbahaya. Bayangkan sopir saat berkendara terus ngantuk, atau saat mengoperasikan alat-alat berat bisa bahaya," beber dr Andreas.

Daya Tahan Tubuh Menurun

dr Andreas menyatakan tidur sangat penting untuk memulihkan badan. Ia menceritakan jika sering begadang tubuh akan rentan terkena penyakit jantung dan stroke.

"Tidur bekerja memulihkan badan, liat orang flu pasti disuruh istirahat tidur. Begadang terus bisa berisiko jantung dan stroke, karena sering begadang mengganggu aliran pembuluh darah kita," tuturnya.

Obesitas

Pada beberapa kasus menurut dr Andreas bahkan sering begadang bisa membuat risiko obesitas meningkat. Menurutnya kurang tidur bisa menyebabkan kolesterol meningkat dan gula darah naik.

"Bisa gemuk juga begadang jangan sangka, ia bisa bikin kolesterol meningkat dan gula darah naik. Pada beberapa kasus sering begadang malah tambah gemuk," pungkasnya.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT