Gigi Jadi Kuning Jika Kebanyakan, Berapa Takaran Ideal Minum Kopi?

ADVERTISEMENT

Gigi Jadi Kuning Jika Kebanyakan, Berapa Takaran Ideal Minum Kopi?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 07 Jun 2022 06:00 WIB
Beautiful young Caucasian ethnicity woman sitting at the cafe, relaxing and enjoying a cup of coffee.
Minum kopi bisa bikin gigi kekuningan (Foto: Getty Images/SrdjanPav)
Jakarta -

Kopi merupakan salah satu minuman yang kerap dihubung-hubungkan dengan gigi kuning. Pasalnya, kopi sendiri mengandung bahan yang disebut tanin atau senyawa warna yang bisa menempel pada gigi.

Apabila hal ini terjadi, senyawa pada kopi tersebut dapat meninggalkan warna kuning yang tidak diinginkan oleh semua orang. Lantas, berapa kali minimal minum kopi dalam sehari?

Dokter gigi spesialis prostodonsia, drg Andy Wirahadikusumah, SpPros dari PDEC x Tooth & Co Dental Clinic, menjelaskan bahwa kopi memang bisa menyebabkan noda atau stain di gigi.

Namun, jika peminum kopi tersebut rajin sikat gigi minimal 2 kali dengan cara yang baik dan benar, serta menggunakan pasta gigi dengan kandungan whitening, itu akan membantu menghindari gigi yang menguning.

"Sebenarnya kopinya nggak papa, tapi kopi ini memang juga bisa menyebabkan noda (stain)," ucapnya saat ditemui di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (6/6/2022).

"Selama kita bisa rajin sikat gigi, 2 kali sehari dengan cara yang baik yang benar," sambung dr Andy.

Selain itu, dr Andy juga menghimbau pada peminum kopi untuk menghindari konsumsi kopi yang berlebih, dan maksimal 2 sampai 3 kali cangkir sehari. Apabila seseorang mengkonsumsi secara berlebih, bisa memicu gangguan pada kesehatan tubuh.

"Kalau kopinya untuk gigi dan mulut itu sebenarnya tidak ada batasannya. Tapi kalau untuk tubuh, sebenarnya ada batasnya loh. 2 sampai 3 kali cangkir sehari, tidak boleh lebih. Karena kalau lebih bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh," pungkas dr Andy.



Simak Video "Dekade: Bahaya Menggeretak Gigi Saat Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT