ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jun 2022 09:35 WIB

PPKM Jawa Bali Sudah Level 1 Semua, Transportasi Umum Bisa Diisi Penumpang 100 Persen!

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengalami pembaruan dari pemerintah yang berlaku periode 7 Juni hingga 4 Juli 2022. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019 Di Wilayah Jawa dan Bali, kini Jawa Bali sudah level 1 PPKM di seluruh wilayahnya.

Salah satu pembaruan aturannya yakni penggunaan transportasi umum bisa diisi dengan kapasitas penumpang 100 persen.

"Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 100% (seratus persen) dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat," tertera dalam instruksi yang diterima detikcom, Selasa (7/6/2022).

Sementara itu untuk perjalanan domestik yang menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum jarak jauh mengikuti ketentuan yang diatur oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional.

"Persyaratan perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api) sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional," tertera dalam salah satu poin instruksi.

Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal menjelaskan wilayah yang berada di level 1 berarti kegiatan masyarakat bisa dikatakan dapat beroperasi normal dengan kapasitas maksimal 100% di berbagai sektor.

"Konsekuensi daerah yang telah ditetapkan berada di level 1 berarti kegiatan masyarakat bisa dikatakan dapat beroperasi normal dengan kapasitas maksimal 100% di berbagai sektor. Namun saya tetap dan selalu menghimbau walaupun relaksasi kebijakan penggunaan masker telah dikeluarkan, masyarakat tetap harus waspada terhadap potensi-potensi yang dapat menyebabkan penularan covid-19," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/6).

(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT