6 Obat Sakit Gigi Alami, Redakan Nyeri dalam Sekejap!

ADVERTISEMENT

6 Obat Sakit Gigi Alami, Redakan Nyeri dalam Sekejap!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 08 Jun 2022 06:00 WIB
Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the background
Obat sakit gigi alami (Foto: iStock)
Jakarta -

Ada sejumlah obat sakit gigi alami yang bisa dicoba di rumah. Selain tak perlu effort untuk pergi ke apotek, obat alami juga ampuh meredakan nyeri dengan cepat.

Sakit gigi merupakan salah satu kondisi yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, terkadang ada saja hambatan untuk datang ke dokter gigi, sehingga kondisi seperti ini diabaikan begitu saja. Apabila hal ini berlanjut secara terus-menerus, sakit gigi umumnya bisa memicu komplikasi yang lebih serius.

Dokter spesialis gigi prostodonsia, drg Andy Wirahadikusumah, SpPros dari PDEC x Tooth & Co Dental Clinic, mengungkapkan sakit gigi tidak diobati atau diberi perawatan dalam waktu dekat, bisa memicu infeksi. Infeksi tersebut nantinya bisa berubah menjadi abses gigi hingga kista.

"Kalau udah sakit gigi itu mereka ada infeksi, di dalam gigi itu udah ada infeksi," saat ditemui di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (6/6/2022).

"Jika tidak dilakukan pengobatan atau perawatan dalam waktu dekat, tentunya infeksinya makin meluas ya, makin membesar. Yang tadinya mungkin abses, kemudian bisa menjadi secara jangka panjang bisa menjadi kista," sambungnya.

Obat Sakit Gigi Alami

Dikutip dari Healthline, Selasa (7/6/2022), berikut obat sakit gigi alami yang bisa dicoba. Yuk, jangan mengabaikan sakit gigi lantaran bisa memicu kondisi yang lebih serius.

1. Air garam

Obat sakit gigi dengan cara berkumur air garam dapat menjadi pertolongan pertama yang efektif bagi banyak orang. Hal ini karena air garam merupakan disinfektan alami dan dapat melonggarkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Menurut penelitian yang dilakukan Nam Cong-Nhat Huynh bersama rekan-rekannya, ditemukan berkumur dengan larutan sodium chloride atau air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka pada mulut.

Untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi, gunakan larutan air garam sebagai obat kumur dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

2. Kompres air dingin

Mengompres dengan air dingin ternyata bisa jadi alternatif obat sakit gigi. Kompres dingin akan menyebabkan pembuluh darah pada bagian area yang trauma menjadi mengerut. Hal ini membuat rasa sakit mereda. Bahkan, dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Caranya pun sangat mudah, pegang kantong es yang dibungkus menggunakan handuk setidaknya selama 20 menit. Ulangi mengompres area yang sakit setiap beberapa jam.

3. Bawang putih

Sejak dulu, bawang putih dipercaya sebagai obat sakit gigi. Kandungan antiseptik dan allicin di dalamnya dapat melawan bakteri yang menyebabkan sakit gigi Caranya, bisa kunyah bawang putih atau menempelkan pada gigi yang sakit.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat inflamasi yang dapat membantu dalam menyembuhkan luka. Pada penelitian yang dilakukan Denise R P Vieira dan rekan-rakannya, ternyata daun jambu biji juga memiliki antimikroba yang dapat membantu merawat area mulut.

Penggunaan daun jambu biji ini adalah dengan dikunyah beberapa lama. Jika tidak nyaman, dapat juga digunakan sebagai obat kumur dengan memasukan daun jambu biji yang telah dihancurkan ke dalam air mendidih.

5. Teh peppermint

Teh peppermint bisa digunakan sebagai salah satu obat sakit gigi alami. Teh ini memiliki kandungan senyawa antibakteri, antioksidan, dan mentol yang bisa meredakan nyeri pada gigi yang sakit.

6. Minyak cengkeh

Minyak yang berasal dari cengkeh dapat menjadi antiseptik alami karena mengandung eugenol yang dapat mematikan rasa sakit gigi dan mengurangi peradangan.

Bahan ini dapat digunakan dengan meneteskannya ke bola kapas dan oleskan pada area yang terasa nyeri. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat dijadikan obat kumur dengan meneteskannya ke dalam segelas air.



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT