ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Jun 2022 18:01 WIB

Wanti-wanti Dokter bagi yang Latah Challenge Tahan Sendawa saat Minum Soda

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi Minum Soda Viral challenge tahan sendawa saat minum soda. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Muncul tren challenge TikTok menahan sendawa usai minum sebotol soda, netizen mendadak latah mencoba challenge tersebut tanpa mengetahui bahaya di balik tantangan menahan sendawa. Meski belum ada laporan kasus fatal akibat menahan sendawa, bukan berarti challenge semacam ini bebas risiko.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, dari RS Brawijaya Depok menegaskan menahan sendawa bisa membuat lambung membesar. Hal ini berpengaruh pada sistem pencernaan di lambung.

"Seperti diketahui sendawa adalah bagian dari proses tubuh terutama untuk mengurangi tekanan lambung akibat gas. Bila ditahan dan tidak dikeluarkan, akan menyebabkan lambung membesar dan menimbulkan rasa tidak nyaman," terang dr Aru saat dihubungi detikcom Rabu (8/6/2022).

"Bisa mengganggu proses pencernaan di lambung hingga menyebabkan iritasi dan luka di dinding lambung," sambung dia.

Meski begitu, dr Aru mengaku belum ada laporan pasien yang secara sadar dilarikan ke rumah sakit akibat kebiasaan atau perilaku menahan sendawa. Namun, menurutnya, tidak menutup kemungkinan pasien mengalami gangguan seperti ileus, menurunnya pergerakan pada saluran pencernaan yang menyebabkan penumpukan atau penyumbatan zat makanan.

"Saat ini belum ada laporan yang seperti itu (dirawat di RS hingga fatal). Tetapi mungkin menyebabkan gangguan lain seperti ileus, kolitis, atau dispepsia fungsional yang kadan pasien tidak sadar disebabkan karena perilaku tersebut," pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, challenge TikTok ini ramai jadi sorotan tidak hanya di Indonesia, beberapa warga negara asing juga tampak mengikuti tantangan tersebut. Beberapa di antaranya ada yang berhasil, adapula mereka yang tidak kuat menahan sendawa saat menenggak sebotol soda.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT