ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Jun 2022 16:05 WIB

Viral Challenge TikTok Minum Sebotol Soda Tanpa Sendawa, Bahaya Nggak Sih?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kenapa bisa terjadi sendawa saat makan? Viral challenge TikTok soal menahan sendawa usai menenggak sebotol soda. Bahaya? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Baru-baru ini viral challenge TikTok soal meminum habis sebotol soda tanpa sendawa. Beragam netizen di dalam maupun luar negeri tampak mengikuti challenge tersebut dengan memilih beragam jenis soda.

Beberapa di antaranya ada yang berhasil menahan sendawa, adapula mereka yang tidak kuat menahan sendawa saat baru menenggak setengah botol soda. Salah satu pengguna TikTok yang mencoba challenge viral tersebut malah tampak panik usai berhasil mencoba challenge ini.

"Panik. Kok nggak sendawa, (sambil terus mencoba sendawa hingga akhirnya merasa ingin muntah)," sebut @Nabila Syabana, dalam akun TikTok viralnya.

Reaksi tersebut sontak mengundang gelak tawa netizen hingga beberapa di antaranya menilai kemungkinan challenge menahan sendawa berhasil lantaran botol dari soda yang diminum tampak kecil.

Di luar kasus tersebut, sebenarnya bahaya tidak sih menahan sendawa?

Profesor kesehatan gastrointestinal global di Flinders University menjelaskan ada dua jenis sendawa yakni dari dalam tenggorokan dan saluran pencernaan yang lebih dalam.

"Ketika orang merasa ingin bersendawa, respons fisiologisnya adalah menelan terlebih dahulu dan mereka benar-benar menelan udara," jelas Profesor Young.

"[Sebagian besar waktu] ketika Anda bersendawa, Anda sebenarnya hanya bersendawa dari kerongkongan Anda, biasanya tidak sampai ke perut Anda."

Jika udara berhasil turun ke perut dan langsung bersendawa, biasanya sendawa lebih memunculkan bau.

"Anda mungkin mengeluarkan gas dari minuman bersoda, bir, atau beberapa makanan yang memicu adanya asam lambung, menghasilkan gas seperti karbon dioksida di perut, itulah yang membuat Anda bersendawa."

Sementara dr Lawrence Kim dari WebMD menyebut menahan sendawa bisa berdampak pada sistem pencernaan.

"Jika Anda tidak bersendawa, itu bisa masuk ke sistem pencernaan Anda dan menyebabkan perut kembung atau gangguan pencernaan."

Ketidakmampuan untuk bersendawa diyakininya jarang terjadi. Bersendawa dapat mengurangi gas dan ketidaknyamanan perut. Kebanyakan orang mengalami gas setelah makan dan melepaskannya melalui sendawa atau saat merasa perut kembung.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT