ADVERTISEMENT

Kamis, 09 Jun 2022 12:30 WIB

Lulus Kedokteran Unpad Umur 19 Tahun, Rein Buka-bukaan Tips Hindari Stres

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rein Vidya Banafsha, wisudawan termuda Unpad Foto: istimewa/Unpad
Jakarta -

Belakangan ini lagi marak mahasiswa masuk rumah sakit lantaran sering begadang demi mengerjakan tugas. Hal ini tentunya tidak baik untuk dilakukan lantaran bisa memicu gangguan kesehatan.

Seorang mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) yang lulus 3,5 tahun di usia 19 tahun, Rein Vidya Banafasha, menjelaskan bahwa hal itu terjadi karena mahasiswa terlalu sering menumpuk tugas di akhir maupun mendekati hari deadline pengumpulan. Akibatnya, banyak hal yang dikorbankan, seperti waktu tidur, pola makan rusak, hingga konsumsi kafein yang terlalu banyak.

"Saya sedikit relate, karena saya juga sering gitu begadang untuk belajar ujian ataupun mengerjakan tugas. Biasanya penyebabnya itu karena ditumpuk di akhir, si beban kerjanya itu nggak disebar dari jauh-jauh hari, tapi malah ditumpuk di akhir. Dan akhirnya yang dikorbankan adalah waktu tidur, kemudian pola makan rusak, jadi lebih banyak konsumsi kafein juga ya nggak bagus kalau terlalu banyak," tuturnya saat dihubungi detikcom, Kamis (9/6/2022).

Ia juga mengungkapkan, percuma jika mendapatkan nilai bagus tetapi kesehatan tidak dijaga. Oleh karenanya, Rein menyarankan agar mahasiswa mencicil tugas-tugas tersebut sedari jauh-jauh hari dan jangan lupa untuk beristirahat. Misalnya, di weekdays mengerjakan tugas, sedangkan di weekend untuk me time atau istirahat.

"Mungkin kita bisa siapkan beban yang berat itu di awal jauh-jauh hari gitu. Kita planning, kira-kira target bisa selesai dalam beberapa hari nih, kemudian apakah dalam satu hari itu harus berapa jam meluangkan waktu mengerjakan tugasnya ataupun mengerjakan materi yang harus dihafal," tuturnya.

"Paling penting sih memang nomor satu itu adalah kesehatan. Percuma kalau misalkan sekarang dapat tugas, bisa mengerjakan, nilai bagus, tapi kalau kesehatan tidak dijaga kan sama aja bohong," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Rein Vidya Banafasha merupakan seorang wisudawan termuda yang lulus di Fakultas Kedokteran Unpad. Rein lulus dan menjadi sarjana kedokteran di usianya yang baru menginjak 19 tahun dengan menempuh pendidikan 3,5 tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT